Thursday, November 28, 2013

Tips Menulis Jurnalistik Bagi Pemula

Tips Menulis Jurnalistik Bagi Pemula

Beberapa Saran dalam Menulis Bahasa Jurnalistik

Bagi anda yang tertarik dalam dunia jurnalistik mungkin perna berpikir bagaimana kita dapat membuat suatu berita/artikel berita dan membuat berita tersebut menarik untuk di baca dan tetap kita pun memiliki setandar tulisan yang sedikit lebih formal dibanding kan tulisan biasa pada umumnya.
Sebenarnya bagi sebagian orang yang berkecimpung dalam dunia jurnalistik mereka dapat mengolah kata seperti tidak biasa tulisan pada umumnya, biasanya bahasa jurnalistik memiliki sifat-sifat khas, yaitu singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas, dan menarik.
Dalam hal ini, marilah kita tetapkan beberapa patokan dalam menggunakan bahasa jurnalistik.

Pengarang Amerika Ernest Hemingway yang memenangkan Hadiah Pulitzer dan Hadiah Nobel di waktu mudanya menjadi wartawan surat kabar Kansas City Star. Di situ dia sambil bekerja diberi pelajaran tentang prinsip-prinsip penulisan berita. Pelajaran itu baik sekali dijadikan pedoman oleh wartawan Indonesia, apakah dia bekerja pada kantor berita, surat kabar, majalah, atau pada radio dan televisi. Prinsip yang diajarkan kepada Hemingway ialah sebagai berikut.

Beberapa prinsip penting dalam menulis dalam dunia jurnalistik :

1.Menggunakan kalimat yang pendek
Bahasa ialah alat untuk menyampaikan cipta dan informasi. Bahasa diperlukan dalam komunikasi. Wartawan perlu memahami bahwa supaya apa yang disampaikannya kepada khalayak (audience) betul-betul dapat dimengerti orang. Kalau tidak demikian, maka gagallah wartawan itu karena dia tidak komunikatif dalam memberikan berita. Salah satu cara, dia harus berusaha menjauhi penggunaan kata-kata teknik ilmiah atau kalau terpaksa juga, dia harus menjelaskan terlebih dahulu apakah arti kata-kata tersebut. Dia harus menjauhi kata-kata bahasa asing. Kalau maksud tercapai dengan memakai perkataan "ikut-sertanya", "keikutsertaan", maka baiklah diurungkan niat menuliskan perkataan yang lebih sulit, yaitu "partisipasi".


2.Menggunakan bahasa yang mudah di pahami
Khalayak media massa, yaitu pembaca surat kabar, pendengar radio, penonton televisi terdiri dari aneka ragam manusia dengan tingkat pendidikan dan pengetahuan yang berbeda-beda, dengan minat perhatian, daya tangkap, kebiasaan yang berbeda-beda pula. Mencapai khalayak yang beraneka ragam dengan berhasil merupakan masalah yang berat bagi wartawan. Bagaimanakah caranya supaya sedapat mungkin bertemu? Injo Beng Goat, pemimpin redaksi harian "KengPo" di Jakarta tahun 1950-an mempunyai semacam rumus. Dia berkata kalau dia hendak menulis tajuk rencana, maka yang dibayangkan di depan matanya ialah pembaca yang pukul rata berpendidikan sederhana, katakanlah tamat SMP. Dengan patokan demikian dia berusaha menulis sesederhana dan semudah mungkindi pahami pembaca.

3.Menggunakan bahasa sederhana
Kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ia terdiri dari kata pokok atau subjek (S), kata sebutan atau predikat (P), dan kata tujuan atau objek (O). Misalnya, kalimat "Si Amin (S) pergi ke pasar (P) membeli sebuah pena". Kalimat demikian sudah lengkap berdiri sendiri. Karena terpengaruh oleh jalan bahasa Belanda atau bahasa Inggris, ada orang Indonesia yang biasa pula menulis kalimat yang panjang, berbentuk "compound sentence", kalimat majemuk dengan induknya dan anaknya yang dihubungkan dengan kata sambung. Misalnya, dia menulis, "Si Amin pergi ke pasar beli sebuah pena yang mana merupakan pemborosan tenaga oleh karena telah dikatakan kepadanya bahwa pena itu dapat juga dibeli di toko seberang rumahnya sehingga segala sesuatu lebih mudah jadinya". Dengan menggunakan kalimat majemuk, pengutaraan pikiran kita mudah terpeleset menjadi berbelit-belit dan bertele-tele. Sebaiknya, wartawan menjauhkan diri dari kesukaan memakai kalimat majemuk karena bisa mengakibatkan tulisannya menjadi "woolly" alias tidak terang.

4.Menggunakan bahasa tanpa kalimat majemuk.
Membuat berita menjadi hidup bergaya ialah sebuah persyaratan yang dituntut dari wartawan. Berita demikian lebih menarik dibaca. Bandingkanlah, misalnya, kalimat yang berbunyi, "Si Amin dipukul babak belur oleh si Poltak" dengan kalimat yang berbunyi, "Si Poltak memukul si Amin babak belur".
Tidakkah terasa kalimat yang kedua jauh lebih hidup bergaya? Kecuali tentunya jika fokus hendak dijuruskan pada si Amin yang membuat kalimat pertama dapat dipertanggungjawabkan, maka umumnya cara menulis dengan kalimat kedua, yaitu dalam bentuk aktif lebih disukai dalam dunia jurnalistik. Kalimat pasif jarang dipakai, walaupun ada kalanya dia dapat menimbulkan kesan kuat.

5.Menggunakan bahasa dengan kalimat aktif, bukan kalimat pasif.
Wartawan muda sering kali suka terbawa menulis dengan mengulangi makna yang sama dalam berbagai kata. Ini dapat dipahami, apalagi jika dia hendak berkecimpung dalam dunia lirik dan puisi. Dia mengira dengan demikian tulisannya menjadi lebih indah. Misalnya, dia menulis kalimat berikut, "Siapa nyana, siapa kira, siapa sangka hati Ratih hancur-luluh, runtuh-berderai karena gadis jelita elok rupawan si manis Indah". Bahasa jurnalistik tidak menghajatkan hal demikian karena kata-kata yang dipakai harus efisien dan seperlunya saja. Kembang-kembang bahasa harus dihindarkan. Bahasa jurnalistik harus hemat dengan kata-kata.

6.Menggunakan bahasa padat, kuat dan berisi.
Pengarang Ernest Hemingway juga mengemukakan sebuah prinsip lain dalam penulisan berita. Kita bisa menulis umpamanya kalimat berikut, "Wartawan Sondang Meliala tidak menghendaki penataran wartawan olahraga". Kalimat ini secara teknis dinamakan berbentuk negatif (lihat perkataan "tidak menghendaki"). Akan tetapi, dengan arti yang persis sama, kita bisa pula menulis, "Wartawan Sondang Meliala menolak penataran wartawan olahraga". Kalimat ini dinamakan berbentuk positif (perkataan "menolak" positif sifatnya dibandingkan dengan perkataan "tidak menghendaki" yang mengandung perkataan "tidak" dan karena itu bersifat negatif. Manakala di antara kedua kalimat tadi yang kita pilih? Hemingway menasihatkan supaya sedapat-dapatnya kita menulis dalam bentuk kalimat positif.

7.Menggunakan bahasa positif, bukan bahasa negatif.

Demikianlah artikel ini di buat tentang bahasa jurnalistik Indonesia.
Definisinya diberikan, sifat-sifat khasnya dicirikan, yaitu singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas, dan menarik.
Pendasarannya diunjukkan, yaitu harus berdasar bahasa baku.
Pokok-pokok aturan tata bahasa Indonesia tidak boleh diabaikannya.
Ejaan baru ditaatinya.
Dalam pertumbuhan kosa kata, dia mengikuti dan mencerminkan perkembangan masyarakat. (berbagai sumber)
semoga artikel Tips Menulis Jurnalistik Bagi Pemula bermanfaat
artikel lain:
Tips Menulis Artikel
Pengaruh Kepercayaan Diri Dalam Menulis

Continue Reading →

Tuesday, November 26, 2013

Perencanaan Dalam Menulis Artikel

Perencanaan Dalam Menulis Artikel
Sebelum anda bersiap menulis artikel, kita perlu memiliki sebuah perencanaan yang tepat dan mempunyai tujuan. Setiap artikel yang kita buat membutuhkan tema utama yang akan mempengaruhi seluruh aspek lainnya termasuk isi dan penutup. Setelah menentukan tema, buatlah struktur dan susunan artikel tersebut. Gunakan tema yang anda pilih tersebut untuk membuat kerangka dasar. Kita perlu menyusun suatu kerangka tulisan karena hal tersebut akan membantu kita untuk mengatur semua komponen artikel dalam suatu susunan yang logis. Selain itu, kerangka tulisan menjaga penulis agar tetap fokus pada tema artikel dan juga akan membantu proses penulisan itu sendiri.

Bagian-Bagian dari Artikel yang perlu anda ketahui

Judul artikel merupakan bagian yang terpenting. Judul akan memancing pembaca dan juga mengarahkan alur cerita. Bagian-bagian lain artikel adalah pendahuluan, tubuh artikel, dan kesimpulan.

1. Pendahuluan mengawali artikel

Pendahuluan harus dapat menarik perhatian pembaca dan menggambarkan ide pokoknya. Empat macam pendahuluan artikel adalah:
a. kutipan - menggunakan sebuah kutipan yang sesuai dengan tema artikel
b. anekdot - narasi yang mengisahkan sebuah cerita
c. ringkasan - menceritakan apa, siapa, mengapa, berapa, kapan, di mana, dan bagaimana
d. pernyataan yang mengejutkan - memompa minat pembaca dengan pembukaan yang tidak biasa

2. Tubuh artikel mengikuti pendahuluan artikel

Sebuah paragraf harus mengalir lancar dari satu paragraf ke paragraf berikutnya, dengan panjang kalimat dan struktur kalimat yang beragam agar menambah daya tarik. Beberapa jenis tulisan yang dapat digunakan di bagian ini termasuk anekdot yang digunakan untuk menggambarkan ide, kutipan dan percakapan untuk menambah sentuhan pribadi, serta contoh-contoh yang spesifik yang memberikan bobot kepada artikel.

3. Tubuh artikel diikuti dengan kesimpulan yang baik

Gunakanlah bagian ini untuk meringkas ide utama dan menekankan tujuan yang dimaksud oleh artikel.
Selain pengaturan artikel seperti di atas, banyak artikel yang menggunakan kotak informasi tambahan. Informasi tambahan yang tepat akan menambah nilai presentasi yang juga akan menarik hati pembaca.

Menyunting dan Merevisi Artikel

Ketika anda selesai menulis, suntinglah dengan seksama terlebih dahulu sebelum anda mempostingnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca yang benar secara baik. Struktur dari keseluruhan artikel harus diperhatikan untuk melihat apakah pendahuluan dan kesimpulannya sudah cukup efektif untuk menyatakan tujuan dari artikel. Masing-masing paragraf dan keseluruhan ide harus mengalir dengan lancar dan digunakan sesuai dengan tema artikel. Mintalah seseorang membaca artikel anda untuk memberi komentar dan saran. kemudian luangkan waktu anda untuk membuat revisi seperlunya.
(berbagai sumber)
Semoga artikel Perencanaan Dalam Menulis Artikel bermanfaat bagi anda
untuk Artikel yang lain baca juga:
Pengaruh Kepercayaan Diri Dalam Menulis

Continue Reading →

Monday, November 25, 2013

Pengaruh Kepercayaan Diri Dalam Menulis

Cara meningktkan diri dalam menulis
Meningkatkan kepercayaan diri dalam menulis
Kepercayaan diri adalah salah satu faktor yang menentukan apakah Anda menulis secara bebas, terbuka, dalam, serta jelas seperti yang Anda inginkan atau sama sekali tidak menulis.

Bila sebagai penulis Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah, maka pandangan Anda tentang tulisan Anda akan menjadi menyimpang. Anda menjadi sangat kritis, setiap kata atau frasa yang Anda pikir tidak terungkapkan dengan sempurna akan anda buang sebagai sesuatu yang tidak berguna. Segera setelah itu, kepercayaan diri anda dalam menulis segala sesuatu yang bernilai -- yang sudah rapuh -- menjadi serapuh vas kristal yang indah. Bergeser sedikit saja, vas itu bisa jatuh ke lantai dan berserakan menjadi pecahan yang berkepin- keping ....

Meningkatnya kepercayaan diri anda dalam menulis sangatlah jelas dan hasilnya tidak hanya menyentuh tulisan itu sendiri.
Disaat anda lebih percaya diri, anda menjadi lebih kreatif, ketika anda lebih kreatif, anda lebih bahagia, lebih tenang, dan lebih produktif.
Jadi, bagaimana caranya anda dapat meningkatkan kepercayaan diri anda dalam menulis kreatif ketika rasanya sangat tidak mungkin untuk Anda lakukan?


Berikut lima tips utamanya


1. Yang anda lakukan adalah memikirkan kembali saat anda menulis karya-karya bebas

Saat-saat itu mungkin berlangsung selama berbulan-bulan atau beberapa menit, ikutilah apa yang muncul dalam pikiran Anda sebagai suatu kenangan yang kuat. Bawalah diri Anda kembali ke masa-masa itu dan lihatlah diri Anda sendiri sedang menulis. Seraplah setiap detail dari apa yang Anda lihat. Apa yang sedang terjadi di sekitar Anda, apa yang bisa Anda lihat, dengar, dan rasakan, yang membuat tulisan Anda mudah dan mengalir? Tulislah semuanya itu, kemudian rencanakan bagaimana Anda dapat menangkap kembali elemen-elemen itu.

2.  Mengumpulkan semua bukti.

Ketika kepercayaan diri anda rendah, mudah sekali untuk percaya bahwa anda tidak pernah menulis sesuatu yang bernilai atau menarik. Tetapi jauh di dalam hati, anda tahu bahwa bukan itu masalahnya. Inilah saatnya untuk mengumpulkan beberapa bukti untuk mendukungnya. Lihatlah kembali beberapa karya anda yang lalu yang paling anda banggakan. Tak lama kemudian, maka anda akan menyadari betapa banyak anda telah menulis dan betapa senangnya anda melihat karya-karya hasil anda.

3. Tulislah tanpa mengharapkan Sesuatu

Mungkin, ketika kepercayaan diri Anda rendah, harapan-harapan anda meningkat dan anda merasa setiap hal yang anda tulis harus menjadi suatu karya sastra yang agung. Hilangkan tekanan, menulislah untuk suatu kesenangan, dan lihatlah ke mana tulisan itu membawa anda. Jangan melihat "produk" jadinya, menulislah untuk menikmati petualangannya. Sesuatu yang mungkin tidak anda pikirkan.

4. Tulislah sesuatu yang berbeda dari biasanya

Bila sesuatu hal tidak berjalan sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka anda perlu adanya suatu  perubahan dan ini harus dilakukan. Cobalah menulis sesuatu yang benar-benar berbeda dari apa yang akhir-akhir ini anda kerjakan, mungkin sesuatu yang berbeda dari apapun yang pernah anda tulis sebelumnya. Karena anda tidak terpatok oleh standar tulisan anda yang terdahulu, maka anda akan dapat menulis lebih bebas dan lebih percaya diri.

5. Mulailah dengan hal kecil kemudian anda kembangkan

Bila kepercayaan diri anda mulai goyah, hal terakhir yang perlu anda coba adalah menulis suatu novel yang trend untuk menyaingi segala tulisan-tulisan lain pada abad terakhir ini. Mulailah dengan hal kecil, tujuannya hanya agar anda menulis sekreatif mungkin selama 10 menit setiap hari selama 30 hari. Setiap hari, anda bisa meneruskan tulisan anda sebelumnya, atau mulai menulis sesuatu yang lain. Yang penting adalah mempertahankan kebiasaan menulis setiap hari tersebut, yang akan membantu anda untuk terus membangun kepercayaan diri anda.
Gunakan salah satu teknik ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam menulis.

Ketika Anda melihat beberapa efek positif yang anda alami, terapkanlah teknik lain dan lihatlah apa dampaknya. Dalam beberapa hari, Anda akan melihat bagaimana kepercayaan diri anda dalam menulis mulai kembali lagi. Baca artikel lainya jika anda tertarik
Mendapatkan Ide Brilian Saat Menulis
Tips Menulis Artikel

Continue Reading →

Sunday, November 24, 2013

Tips Membuat Artikel Menarik Untuk Dibaca

http://tips-tips-belajar.blogspot.com/2013/11/mendapatkan-ide-brilian-saat-menulis.html

Tips membuat artikel menarik untuk dibaca

Di saat anda menulis, walau sedikit, akan membuat hati anda merasa lebih tenang dan riang. Dari pada anda sekedar mengobrol atau mengeluh kepada sesama. Menulis, dapat menyalurkan emosi, kadang menjadi inspirasi, karena ada sebuah persepsi dan tujuan sehingga kita dapat menyalurkan ide pribadi kita yang ada di dalam pikiran kita dan menuangkan ide-ide walaupun ide gila yang tidak masuk akal.
Menulis itu sungguh menyenangkan hanya sebuah asumsi bahwa kegiatan ini adalah suatu penjabaran apa yang ada dalam pikiran kita di komplain pun tidak menjadi masalah karena ini adalah ide yang hanya sekedar kita keluarkan.
Menulis, bagi sebagian orang berkata sangat sulit menulis, padahal menurut saya hanya tinggal dituangkan apa yang ada dalam pikiran kita,lain hal jika kita ingin membuat suatu artikel untuk pengetahuan. Dan sebagian lagi dari anda pun berkata sangat mudah menulis, mungkin karrna sudah terbiasa.
Buat saya, menulis adalah suatu seni dan menjadikan saya untuk lebih banyak belajar karena sebelumnya telah membaca. Juga menjadikan lebih bijak karna mencoba untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang bukan hanya aku dan aku saja. Dan lebih bahagia, jika kemudian ada yang terinspirasi atau termotivasi serta bermanfaat bagi yang membaca tulisan saya.

Dan buat anda yang tertarik ingin menulis sebuah arikel, saya akan memberikan beberapa tips semoga bermanfaat.

1. Perhatikan saat anda menulis sebuah artikel, ketika anda menulis usahakan tulisan anda buat dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Mungkin anda perlu sedikit lebih rutin menulis agar anda terbiasa. Setiap kata yang anda tulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.

2. Pada saat anda menulis biasakan anda jangan melakukannya sambil mengedit, agar supaya apa yang anda pikirkan dapat tertuang secara terus menerus

3. Memiliki paragraf sangat penting karena dapat mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan anda tuangkan dalam setiap paragraf. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan anda.

4. Anda perlu menulis dengan sedikit lebih spesifik berdasarkan judul yang telah anda buat. layaknya diskusi yang mengambang jauh dari topik membuat orang menjadi risih begitu pula tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kurang nyaman.

5. Menulis dengan bahasa yang komunikatif dengan pembaca juga sangat perlu. Usahakan tulisan tidak sekedar text book, yang hanya berisi bacaan 1 arah. Buatlah tulisan seakan-akan anda sedang berhadapan dengan pembaca.

6.  Dengan informasi utama yang jelas saat menulis. Hal ini akan membuat tulisan anda lebih dapat dipercaya. lengkapi keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya yang mungkin dianggap perlu.

7. menunjukan suatu integritas anda dengan menulis yang jujur. menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.

Artikel ini semoga bermanfaat buat anda yang ingin menjadi penulis
saran dan kritik anda sangat membantu saya untuk mengembangkan artikel ini kedepan
ada dapat meninggalkan pesan komentar dibawah.

artikel lain : Mendapatkan Ide Brilian Saat Menulis
Continue Reading →

Saturday, November 23, 2013

Mendapatkan Ide Brilian Saat Menulis

Kehabisan ide saat menulis??

Menulis bagi kebanyakan orang adalah aktifitas yang sangat menjenuhkan karena mereka berpikir bahwa menulis itu sangat sulit dilakukan
Namun kenyataannya menulis itu mudah. Semudah membalikkan telapak tangan kita. Jika kita terus komitmen membiasakan diri untuk terus menulis. Tak mesti di dunia maya, yang penting bisa terlihat oleh mata, minimal mata kita sendiri.
Karena kemampuan menulis adalah jam terbang, buatlah diri anda senang. Saat merangkai kata mengurai makna.
Dari setiap tulisan yang anda tulis sebaiknya menginspirasi pembaca, dengan itu dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Mulailah menulis dan menginspirasi dunia. Tidak harus langsung sempurna, karena istana yg megah tidak dibangun dalam satu malam.
Nikmati saja prosesnya, terima komentarnya, ambil pelajarannya, dan kembangkan tulisannya.

Untuk menjadi penulis yang baik, tentunya banyak yang mengharuskan kita untuk berlatih dan bekerja keras semaksimal mungkin agar apa yang kita hasilkan pun maksimal. Tak ada sesuatu yang singkat, semua butuh proses. Kegiatan menulis ini bagi saya sangat menyenangkan. Dalam beberapa Tahun ini saya mulai menyalurkan hoby saya ini dan say apun mulai menulis di blog pribadi saya , dan bagi anda yang sudah mahir menulis anda juga dapat  mengirim artikel ke media massa, atau bahkan dengan hanya membuat catatan harian. Yang penting hal tersebut dilakukan secara konsisten. Saya tertarik membuat artikel ini bagi anda yang ingin terjun dalam dunia menulis.
Namun ada kalanya kita mengalami kejenuhan saat ingin menulis artikel yang kadang membuat kita kehilangan akal untuk menuangkan tulisan ide kita. Beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda ketika anda mendapati kondisi anda seperti hal tersebut.

1. Jalan-Jalan

Kebuntuan itu biasanya datang disaat  suasana yang sudah begitu jenuh  Nah biar anda tidak merasa jenuh, salah satu hal yang paling gampang tapi efektif buat dilakuin itu adalah jalan-jalan. Dan jalan-jalannya tidak perlu repot, bisa saja anda jalan keliling ruangan anda putar-putar seperti orang bingung. Tapi yang paling menyenangkan adalah saat anda jalan-jalan keluar mencari angin segar, mengganti suasana. Dan di saat anda  sedang jalan-jalan kadang melihat sesuatu yang menarik, dan akhirnya dapat anda jadikan bahan tulisan.

2. Banyak Baca

Buku adalah jendela dunia. Namun  dijaman sekarang ini, tidak hanya buku yang bisa disebut sebagai jendela dunia. Banyak sekali bahan bacaan jaman sekarang yang bisa dijadiin inspirasi, dari koran, majalah, iklan, sms, bbm, bahkan tweet temen pun bisa dijadikan bahan artikel jika memang menarik, dan anda dapat kreatif mengembangkannya.

3. Melamun

Anda juga dapat melakukan suatu aktifitas yang sangat tidak masuk akal, misalkan jika anda kehabisan ide karena otak sudah terlalu lelah bekerja. Sudah kebanyakan yang dipikirin yang seharusnya tidak perlu dipikirkan. Perumpaaan jika komputer anda, memory-nya sudah banyak dijalankan buat jalanin aplikasi. Sekarang anda dapat mencoba mengosongkan semua pikiran itu, dan melamun saja. Kosongkan pikiran anda dan biasanya ide muncul sendiri. Tapi jangan terlalu lama melamunnya, kalo kesurupan gak mau tanggung jawab ya. :D

Beberapa tips mendapatkan ide saat menulis diatas semoga bemanfaat bagi anda anda juga dapat membaca artikel lainya.
Continue Reading →

Melatih Sudut Pandang Menulis Artikel

Melatih sudut pandang saat menulis artikel
Pada artikel ini saya akan sedikit menjelaskan arti sudut pandang dalam menulis artikel. Bagi anda yang ingin menjadi seorang penulis sedikit saya jabarkan tentang pengetahuan saya dalam dunia postingan pada blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Saya teringat ketika masih hobby melakukan fotografi bersama rekan-rekan saya sewaktu kuliah. Bagaimana kita akan merasa bangga akan sebuah hasil saat kita dapat mengabadikan suatu moment dengan kualitas foto/gambar yang baik. Namun untuk menghasilkan kualitas foto/gambar yang baik kita juga harus dapat mengerti cara pengambilan gambar agar hasil yang di ciptakan bagus atau indah.
Disaat kita akan memfoto objek,hasil foto akan kelihatan bagus saat kita dapat memfoto obyek dengan sudut pandang yang baik pula , penulis juga harus membiasakan diri mencari sudut pandang alias angel tulisan. Sudut pandang yang sedikit berbeda, memberikan nilai tambah sebuah tulisan. Karena sebuah objek tulisan tidak hanya bisa dipandang dari depan, penulis dapat mengeksplorasi dari berbagai arah. Depan, belakang, atas, bawah, kiri, kanan, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, atau kiri bawah. Pokoknya bisa dilihat dari segala arah.

Pentingnya sudut pandang dalam sebuah tulisan, membantu agar tidak meluasnya suatu pembahasan. Agar alurnyapun tidak melebar dan energi yang kita keluarkan lebih maksimal. Hasilnya tentu lebih optimal. Tak perlu tergoda untuk membahas sebuah objek seperti kebanyakan. Fokuslah pada satu titik yang menurut kita bisa dieksplorasi lebih dalam. Bagian sebagian orang mungkin tidak penting. Atau malah tidak terpikirkan bisa menjadi bahan tulisan. Kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah untaian kalimat bertabur ilmu dan pengetahuan.

Ambil contoh objek tulisan dari sebuah tumpukan sampah. Sudut pandang tulisan banyak terpancing untuk memvonis tumpukan sampah sebagai sumber masalah. Ya memang benar dan kita berharap pemerintah bisa kasih solusi untuk menyelesaikannya. Namun dari sudut pandang yang berbeda, ternyata tumpukan sampah bisa jadi berkah sehingga melahirkan judul tulisan "Menghasilkan uang tanpa Modal besar". Penulis bisa mengeksplorasi peluang usaha dari sampah yang banyak digeluti oleh para pemulung dan juragan barang bekas.

Untuk mengasah kepekaan sudut pandang, penulis bisa membiasakan diri untuk lebih mengetahui dan lebih memahami. Keadaan sekitar tak sekedar pelengkap pemandangan sehari-hari. Tapi juga objek menarik untuk dilirik sebagai bahan tulisan. Layaknya seorang peneliti, setiap objek selalu menarik hati. Mulailah peduli terhadap setiap kondisi. Niscaya bahan untuk mengasah sudut pandang akan berlimpah.
Selamat mengexplorasi sudut pandang kita teman, semoga apa yang ingin kita hasilkan mendapatkan hasil yang maksimal
jangan lupa untuk membaca artikel lainya.
Tips Menulis Artikel
Continue Reading →

Tips Menulis Artikel

Tips Menulis Artikel
Penting bagi kita Untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang baik karena akan mempengaruhi minat pembaca untuk lebih menikmati hasil karya kita. Saya melihat bahwa banyak diantara kita yang masih belum mengetahui poin-poin penting apa saja yag harus dibuat saat kita ingin menulis sebuah artikel, tidak di pungkiri bahwa saya pun masih sering mengalaminya disaat awal-awal saya membuat artikel. Buat anda yang merasa tertarik ingin membuat sebuah artikel tidak ada salahnya ada membaca tips menulis artikel ini, semoga apa yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat buat anda.

Pertama saat kita ingin menulis artikel hal yang harus kita pikirkan adalah:

1.Tema

Tema sebagai pokok persoalan yang akan dibahas, harus dibatasi, fokus pada satu topik paling kecil, jangan terlalu global dan luas cakupannya. Dengan ruang lingkup yang tidak begitu luas ini kita dapat memaksimalkan topik yang akan kita angkat secara maksimal.

Beberapa contoh Tema yang bisa menarik perhatian pembaca adalah:

- Terupdate/ Aktual (hot issue, trending topic, kejadian terkini, terkait peringatan hari besar)

- Isu-isu seksi (menyangkut masalah pejabat publik, perempuan, selebriti, orang yang mendadak tenar, seks seperti video mesum, dll)

- Dekat dengan pembaca (Kejadian dimana kota pembaca membaca, angkat fakta aktifitas di daerah tempa pembaca itu ada, sebisa mungkin dimuat di media sasaran yang akan ditarget)

- Data atau temuan baru yang unik, mengagetkan, ironis, kontroversial (Peningkatan angka dalam rumah tangga, hasil penelitian peningkatan pengguna senjata api, tukang becak yang dapat memberikan sedekah ke panti asuhan, dll)

2.Judul

Judul yang menarik sangat penting. Judul ini Berfungsi menarik minat pembaca agar dilirik, dibaca dan dishare/ dibagikan kepada teman atau saudara. Selanjutnya, tulisan anda mencuri perhatian pembaca agar dibaca. Bisa dibuat sebelum tulisan selesai, tapi harus tetap diedit ulang agar setelah tulisan selesai, judul mencakup isi tulisan. Bisa dibuat setelah tulisan selesai agar lebih mencerminkan isi tulisan. Usahakan sesingkat mungkin, sebaiknya antara tiga sampai empat kata. Untuk sub judul, cukup satu sampai dua kata.

Judul yang mencuri perhatian:

Unik, menarik, menggelitik, menyentil, mengandung unsur ironis, kontradiktif, paradoks, ambigu.Bukan berupa kesimpulan atau memvonis sehingga pembaca merasa cukup membaca judul sudah selesai, tak perlu membaca isi artikel, ini poin yang sangat penting buatlah pembaca merasa penasaran akan sebuah judul aritikel dan bersifat merangkul antara yang pro dan kontra terhadap suatu persoalan

Untuk bisa menghasilkan judul demikian, bisa menggunakan kosa kata yang sedang ngetop atau bahasa gaul anak muda (misal Galau ), cuplikan peribahasa/jargon/tagline/ungkapan, kalimat iklan yang terkenal, guyonan, sentilan, plesetan (misal: DKI=Dono, Kasino, Indro), dll.
Bisa juga dengan menggunakan kosa kata yang berawalan atau berakhiran bunyi sama, misal setiap kata diawali huruf tertentu, atau di akhir setiap kata diakhiri huruf tertentu. Ini juga menarik untuk di gunakan.

Contoh judul yang menurut saya menarik:
Kaya Lewat Google
Mencari Dolar Dengan Bermodal Dengkul
Rahasia Belajar Cepat Menulis Artikel
Panduan Belajar Komputer Kilat
Membuat Website Tanpa Perlu Kuliah
Propaganda Dana Pembuatan E-KTP
Kebobrokan Anak Muda Jaman Sekarang
dan masih banyak lagi, anda dapat mengembangkannya sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

3. Kalimat Pembuka

Alinea pertama sebuah tulisan penting untuk: menarik minat pembaca untuk mambaca agar melanjutkan membaca artikel tersebut sampai tuntas. Kalau alinea pertama saja sudah tidak menarik, alamat tulisan tidak akan dibaca mereka akan mencari bacaan lain yang sekiranya menarik bagi mereka.

Alinea pertama bukan berarti kata pertama saat kita memulai tulisan, karena dalam proses editing, bisa saja alinea pertama justru dibuat pada finishing touch. Ini hanya untuk memberi keleluasaan berpikir dan mencari ide, bagaimana agar kalimat pertama itu memikat. Jadi, jangan buru-buru mengirimkan tulisan jika alinea pertama belum merasa maksimal bagusnya.

Alinea pertama bisa dibuka dengan:
Kutipan menarik dari tokoh,peribahasa, jargon, tagline, dll.
Misal:  "Penyebaran dokter spesialis penyakit dalam di Indonesia belum merata dan masih jauh dari kebutuhan ideal.
"Ungkapan tahta, harta dan wanita terbukti sakti menjadi bahan bakar korupsi"

Kisah menggelitik, humanis,dramatis:
Misal: ¨Ketika di Indonesia korupsi penjabat terus berlangsung kian masif, kini ramailah kasus kawin kilat Bupati Garut, Jawabarat, Aceng HM Fikri

Kesimpulan logis penulis:
Misal: Pertanyaanya, dengan IPS di sederhanakan, siapkah anak-anak kita hidup ditengah masyarakat yang sarat otoritarianisme birokrat, korupsi dan fundamentalisme agama?

Fakta terbaru/aktual, miris, ironis:
Misal: Selaput dara perempuan di negeri ini ternyata bisa mengubah cepat nasib perempuan. Pekan ini publik kita diguncang oleh pemberitaan mengenai Bupati Garut Aceng Fikri yang mempersoalkan keutuhan selaput dara mantan istrinya yang hanya dinikahi selama 4 hari.

Tips menulis artikel ini semoga bisa bermanfaat buat anda, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.
Continue Reading →

Tuesday, November 12, 2013

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Mungkin bagi kebanyakan orang tua bahwa kesuksesan seorang anak di tentukan oleh kepintaran anak secara Akademis. Padahal jika kita melihat fakta yang sebenarnya bahwa kesuksesan seseorang tidak hanya di tentukan oleh kepintaran akademis seseorang, tapi bagaimana faktor emosi yang beperan sangat besar bagi kesuksesan seseorang kedepan. Peran orang tua disini sangat penting untuk menunjang kecerdasan anaknya, mungkin orang tua dapat melihat potensi anaknya dari kecil, maka orang tua diharuskan untuk membantu mencari atau merencanakan rencana kedepan bagi  anaknya termmasuk masalah pendidikan. Pada artikel ini saya akan membahas Tips Memilih Perguruan Tinggi bagi pengembangan anak-anak anda.

Minat

Perhatikan anak anda, anda harus dapat melihat minat anak anda kepada sesuatu yang membuat dia menarik. Karena hal ini akan memacu si anak untuk lebih bersemangat ketika dia sudah menyukai aktifitas yang membuat dia sangat menikmatinya. Poin pertama ini sangat penting karena berhubungan dengan tingkat ketertarikan pada suatu aktifitas, tercakup didalamnya konsep diri.

Survei

Sebelum anda memasukan anak anda ke suatu sekolah/perguruan tinggi anda harus mensurveinya terlebih dahulu, hal ini berguna untuk mengetahui kualitas sekolahnya/perguruan tinggi tersebut apakah layak untuk pendidikan anak anda. Meliputi pendidian yang ditawarkan, pola pendidikan, tenaga kerja yang berkualitas dan link tempat pendidikan tersebut terhadap dunia luar. Pastikan para orang tua benar-benar memperhitungkan segala aspek untuk menunjang pengembangan anaknya.

Semoga artikel ini dapat membantu anda para orang tua untuk dapat membantu mngembangkan potensi anak anda.



Continue Reading →

Monday, November 11, 2013

Tips Disaat Mengerjakan Soal Ujian

Artikel sebelumnya saya telah membahas beberapa tips belajar saat menghadapi soal ujian. Klik jika anda belum membacanya.
Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana sikap kita saat ujian. Berikut beberapa tips saat ujian dimulai ini akan saya jabarkan.
Ada beberapa poin penting yang anda dapat lakukan untuk mengerjakan ujian engan mudah

Tips Disaat Mengerjakan Soal Ujian

1. Siapkan Diri Anda

Pastikan anda telah menyiapkan diri anda sebelum menghadapi soal ujian. Pasikan anda memiliki peralatan yang anda butuhkan selama mengerjakan soal ujian anda termasuk pulpen atau pencil cadangan anda.
Ketika dalam ujian anda diperbolehkan membawa catatan, pastikan anda telah menyiapak catatan yang sudah tersusun rapi dan anda dapat menggunakannya dengan baik. jika anda belum membacanya anda dapat melihat artikel saya Tips Menghadapi saol ujian.

2.Merencanakan pngerjaan soal ujian

Rencanakan bagaimana anda menggunakan waktu dalam mengerjakan soal ujian anda. Apabila ujian anda berlangsung selama 60 menit dan soal yang harus anda kerjakan berjumlah 10 buah pertanyaa yang harus anda jawab, usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan anda selama 6 menit. Jangan membuang -buang waktu anda untuk mengerjakan 1 soal. Kebanyakan setiap siswa melakukan kesalahan dengan mengulur-ulur aktu saat mengerjakan. Jika anda mengerjakannya lebih cepat, lanjutkan kesoal-soal berikutnya dan dengan sisa anda yang anda miliki anda anda dapat melihat kembali pertanyaan-pertanyaan yang lebih sulit.


3.Menjawab pertanyaan yang lebih mudah terlabih dahulu

Mungkin banyak siswa yang sudah sering melakukannya. Tips ini akan sangat membantu untuk menghindari terbuangnya waktu dengan percuma. Lanjutkanlah kesoal-soal yang lebih sulit, selesaikan soal-sola yang mudah terlebih dahulu kemudian kesoal yang lebih sulit menurut anda. Sisa waktu anda bisa anda gunakan untuk menjawab soal-soal yang paling sulit.

4.Perhatikan waktu anda

Anda dapat menggunakan jam tangan saat anda menghadapi ujian agar anda mengetahui bagaimna anda menggunakan waktu anda dengan baik selama ujian berlangsung.
Jangan membuat kesalahan dengan menghabiskan separuh waktu anda mengerjakan untuk menjawab sebuah soal yang memiliki tingkat kesulitan lebih.

5.Sikap santai

Apabila anda merasa tegang selama ujian berlangsung, coba anda lakukan beberapa teknik relaksasi sederhana seperti menarik napas panjang, berpikir positif, atau berdoa. Ketika anda tegang konsentrasi anda semakin buyar hal ini akan memperlambat proses berpikir anda. Beristirahatlah sejenak selama ujian berlangsung untuk membantu anda merasa nyaman dan lebih tenang.

6.Memeriksa soal kembali

Apabila anda masih memiliki waktu sebelum ujian berakhir, jangan melakukan kegiatan yang sia-sia. Periksa kembali semua jawaban anda dan tanyakan kemabli apakah jawaban saya sudah sesuai dengan yang diminta, apakah jawaban saya sudah akurat. Gunakan lah setiap waktu anda untuk menjawab jawaban yang terbaik dalam ujian anda.

Tips saat ujian berlangsung
-Mempersiapkan semua perlengkapan saat ujian
-Membuat rencana pengerjaan soal ujian
-Mengerjakan soalyang lebih mudah terlebih dahulu
-memastiksn bahwa anda berpegang pada rencana yang sudah dibuat
-merasa santai
-memeriksa kembali jawaban anda

Mau anak anda mendapatkan ranking Kelas...!!! Peringkat 10 besar wajib dalam genggaman anak didik kami
Untuk orang Tua yang ingin anaknya berprestasi kami membuka bimbingan belajar untuk Tingkat SD - SMP - SMA sampai Perguruan tinggi negeri. Tips cara belajar efektif akan kami ajarkan pada anak didik kami
Jika anda berminat dapat anda menghubungi BIMBEL WINA
HP: 0822 - 8482 - 6346


DI JAMIN....!!!

Artikel Lain :

Continue Reading →

Friday, November 8, 2013

Tips Belajar Cara Menghadapi Soal Ujian

Tips Persiapan Menghadapi Ujian

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai Tips Cara Menghadapi Soal Ujian.Ujian adalah salah satu bagian dari kulikulum sekolah yang berfungsi untuk mengukur kemammpuan anda dalam materi pelajaran tertentu. Mungkin ada hanya berpikir bahwa ujian adalah sebagai ajang untuk mendapatkan nilai yang baik atau buruk. Pada kenyataannya ujian lebih dari sekedar itu saja. Sebernarnya akan banyak mendapatkan banyak manfaat dari ujian, misalnya anda dapat mengukur kemampuan anda mengukur tingkat kekuatan dan kelemahan anda dan anda juga dapat melatih teknik pengerjaan ujian anda.

Ketika menghadapi soal ujian kadang setiap siswa akan merasa tegang atau gugup. Hal ini normal saja. Bahkan beberapa oarang merasa sangat tegang sampai-sampai mereka kesulitan mengingat kembali materi yang sudah di pelajari. Persiapan yang matang sebelum ujian sangat penting baik untuk meredakan ketegangan maupun untuk mengerjakan ujian dengan baik.
Beberapa langkah yang akan dapat membantu anda merasa lebih santai dan akan memberikan dampak bagi anda untuk menampilkan kemapuan terbaik anda dalam ujian. Cara belajar efektif.

Tips Persiapan Menghadapi Soal Ujian

1.Siapakan Catatan yang rapi

Anda dapat menyiapkan catatan yang rapi karena ini sangatlah penting. Anda harus memastikan bahwa semua catatan yang anda kumpulkan selama ini lengkap dan meliputi semua bahan yang akan diujikan. Siapkan catatan anda setidaknya seminggu sebelum anda melaksanakan ujian. Pesrsiapan yang terburu-buru akan memberikan hasil yang kurang maksimal hal ini akan membuat anda merasa tertekan dan kehabisan waktu untuk mempersiapkan waktu ujian anda.

2.Susun Catatan anda

Susunlah catatan anda dengan urutan yang logis sehingga anda dapat menemukan informasi yang dapat anda butuhkan dengan mudah.
Hal ini sangat penting terutama ketika anda diperbolehkan membuka catatan pada saat anda ujian. Anda juga dapat memberikan label pada catatanmu secara jelas sehingga anda dapat mengerti saat digunakan. Anda juga dapat menandai topik-topik tertentu, post-it notes atau memisahkan informasi berdasarkan topik-topik tertentu.

3.Waktu Belajar Yang Cukup

Materi pelajaran akan lebih muda diingat bila anda sudah memulai mempelajarinya minimal seminggu sebelum ujian dimulai dan dilakukan secara teratur. Semua akan terasa sulit untuk mengingat pelajaran yang  terlalu banyak jika anda memulainya satu hari sebelum berlangsungnya ujian. Anda juga dapat menandai bagian-bagian penting dalam catatan anda. Mintalah bantuan teman anda, keluarga atau guru anda unjtuk menguji pengetahuan dan pengertianmu kembali.

4.Tempelkan Catatan Anda

Cobalah anda menempelkan catatan anda di beberapa tempat yang sering anda lihat dikamar tips ini dapat juga membantu anda mengingat informasi yang penting. Misalkan anda dapat menempelkan rumus matmatika di kaca kamar anda agar ketika anda melihat kaca anda, anda dapat membacanya kembali.

5.Pelajari Bahan Ujian Sebelumnya

Biasanya soal ujian memiliki pola yang sama dari tahun ketahun. Untuk itulah anda dapat mempelajari soal ujian sebelumnya hal ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena dapat membantu anda menjadi lebih terbiasa dengan bentuk ujian dan anda akan lebih percaya diri dalam menjawab tipe-tipe pertanyaan  yang diujikan. Selain itu anda juga dapat merasa lebih santai ketika menghadapi ujian.

6.Hidup Sehat

Pola hidup sehat juga dapat mempengaruhi persiapan belajar anda. Menjaga kesehatan anda sebelum menghadapi ujian sangat penting. Makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu anda untuk belajar dengan lebih baik dalam berkonstrasi selama belajar. Anda juga harus mengatur pola tidur anda apakah sudah cukup semalam sebelum menghadapi ujian.

Tips belajar cara menghadapi ujian
-Buatlah Catatan yang rapi
-menyusun catatan anda yang logis
-Memulai belajar jauh- jauh hari
-menempelkan catatan di ruangan rumah anda yang sering anda kunjungi
-mengerjakan soal ujian terdahulu
-Pola hidup sehat


Mau anak anda mendapatkan ranking Kelas...!!! Peringkat 10 besar WAJIB ada di genggaman anak anda
Untuk orang Tua yang ingin anaknya berprestasi kami membuka bimbingan belajar untuk Tingkat SD - SMP - SMA sampai Perguruan tinggi negeri. Berbagai Tips Cara belajar efektif akan kami jabarkan disini
Jika anda berminat dapat anda menghubungi BIMBEL WINA

HP: 0822 - 8482 - 6346


DI JAMIN....!!!

Baca Artikel Lainya

Continue Reading →

Thursday, November 7, 2013

Mendapatkan Pengalaman Bekerja

Pengalaman kerja adalah pengaturan antara anda dan pemilik suatu pekerjaan di mana anda melaksanakan tugas di tempat kerja guna untuk mendapatkan pengalaman di daerah kerja. Hal ini biasanya untuk waktu yang singkat, dan tidak melibatkan dibayar. Biasanya menempatkan anda di daerah tertentu dari bekerja dengan mentor untuk menunjukkan kerja dan memberikan masukan kepada anda.

Sebuah karya pengalaman bekerja yang mungkin menawarkan wawasan berharga, apa pekerjaan ada yang akan melibatkan kegiatan yang terstruktur, diawasi, pengalaman sehingga anda dapat menilai apakah anda dapat memahami tentang bagaimana anda bekerja nanti.
Pemahaman dunia kerja, keterampilan kerja yang berguna yang diakui di tempat kerja, keyakinan pada kemampuan Anda untuk belajar dan mendapatkan kompetensi lebih lanjut, pekerjaan atau keterampilan hidup seperti berkomunikasi secara efektif dan bekerja di termn tersebut, kesempatan untuk menunjukkan kemampuan anda untuk berkontribusi dalam lingkungan kerja di saat ini.
Pengalaman kerja meningkatkan jaringan pengusaha dan membangun pemahaman anda tentang tenaga kerja lokal

Sebuah pengalaman bekerja yang sangat berguna sebelum kita benar-benar terjun didunia kerja yang profesional. Anda dapat dapat mempertimbangkannya beberapa hal ketika anda berkeinginan terjun secara langsung di limgkungan kerja anda. Sudah banyak perusahaan yang akan membantu anda ketika anda ingin melakukan kerja praktek tersebut, manfaatkanlah waktu anda saat belajar bekerja tersebut.

Manfaat mendapatkan pengalaman bekerja
Baca Artikel Lainya

Continue Reading →

Wednesday, November 6, 2013

Belajar Efektif Membuat Catatan

Tips belajar menulis efektif. Artikel ini akan membahas bagaimana kita cara menulis efektif yang baik. Bagi saya menjaga kerapian catatan disaat kita menulis materi akan sangat mebantu untuk mencari informasi yang saya butuhkan sehingg saya dapat mengerjakan tugas tugas yang diberikan dosen saya atau saat saya akan menghadapi ujian secara efektif. Kebiasa orang saat menulis, biasanya mereka membiarkan catatannya tercecer dimana-mana. Hal ini akan membuat mereka kesulitan ketika akan mencari informasi yang dibutuhkan karena tidak mengerti isi catatannya. Sering dari sebagian teman-teman saya bahkan ketika ingin kembali melihat catatan mereka, mereka tidak dapat mengerti,mungkin karena catatan mereka terlalu detai, samar-samar, atau kurang lengkap.
Beberapa tips menulis catatan yang mungkin bisa membantu anda.

Disaat anda mencatat, coba anda gunakan judul untuk setiap tulisan yang akan anda buat. Judul-judul tersebut dapat anda ambil berdasarkan kata-kata kunci dari bahan bacaan atau disaat anda berdiskusi dengan teman anda di kelas. Anda dapat membuat margin disamping halaman catatanmu dan tambahkan judul-judul pada margin catatan anda. Anda juga dapat melihat judul catatan anda kembali dan anda pun dapat menambahkan atau pun kembali merubahnya.
Disaat anda selesai membuat catatan, perhatikan catatan anda kembali cobalah susun kembali dengan rapi. Alokasikan topik-topik catatan anda di bagian terpisah, anda juga dapat memberikan warna untuk informasi yang penting, tandai setiap bagian catatan anda dengan potongan kertas berwarna-warni sehingga anda dapat menemukannya dengan mudah. Anda juga dapat menyusun catatan anda berdasarkan topik tertentu, hubungan sebab akibat, maupun hubungan masa lalu kemasa kini. Jangan lupa anda juga dapat menanambahkan tanggal pada catatan anda sehingga anda dapat mengunakannya dengan mudah untuk mengetahui apakah catatan tersebut baru atau sudah lama.

Disaat anda mencatat pada saat guru menjelaskan, anda harus dapat memperhatikannya dengan seksama dan perhatikan hal-hal yang pendukung yang bersifat visual seperti diagram, bagan, atau lembar persentasi.
Anda juga dapat menggunakan simbol atau singkatan dalam mencatat. Selain untuk menghemat waktu, catatan anda pun tidak terlalu panjang dan mendetail. Tips belajar yang bermanfaat buat anda.
Anda juga dapat menambahkan beberapa pikiran anda sendiri dalam catatan anda. Tips ini akan membuat catatan anda lebih bersifat personal, sehingga dapat disimpan lebih lama dalam ingatan anda. Tetapi anda harus mengingat dalam membedakan pikiran anda sendiri dan fakta jika prlu anda dapat membedakannya dengan menggunakan warna yang berbeda atau tambahkan tanda lain disamping ide dan pikiran anda sendiri.
Beberapa tips membuat catatan ini semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Continue Reading →

Tuesday, November 5, 2013

Tips Belajar Efektif Membaca Dengan Benar

Tips belajar efektif membaca dengan benar. Pada artikel ini saya akan merangkumkan bagaimana tips belajar membaca efektif. Biasanya pada saat anda belajar pada tingkat pendidikan SMA maupun perguruan tinggi, anda diharapkan dapat untuk dapat membaca dan mengerti informasi yang bersifat kompleks. Dengan seperti ini, anda dapat melakukan penelitian, menjawab soal-soal ujian, menulis essai dan laporan penelitian, maupun berpartisipasi dalam diskusi didalam kelas anda. Sebuah teknik tips belajar efektif cara membaca dibawah ini semoga bisa membantu anda untuk memahami bahan bacaan anda secara lebih baik. Anda perlu mempraktekan dan melatih teknik ini, hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda karena anda akan dapat mengingat infomasi dalam waktu yang lebih lama.

Pertama kali yang anda harus lakukan sebelum anda membaca adalah mensurvei. Biasakan anda harus melihat sekilas dari seluruh bagian dari bagian bacaan yang meliputi: Judul, Sub Judul keterangan gambar, paragraf pembuka dan penutup. Bagian-bagian tersebut akan sangat membantu anda untuk dapat mengaktifkan kembali semua informasi yang relevan di dalam memori ingatan anda yang berkaitan dengan topik apa yang akan hendak kamu baca. Lalu setelah anda mensurveinya tips membaca yang baik selanjutnya adalah anda membuat pertanyaan. Buatlah sebanyak mungkin pertanyaan dari judul, sug judul, paragraf pembuka dan penutup. Gunakan beberapa kata tanya misalkan "apa", "bagaimana", "kapan", "dimana", dan "mengapa" untuk merubah informasi yang anda miliki menjadi sebuah prtanyaan. Tips belajar membaca efektif selajutnya adalah membaca. Sambil membaca bahan bacaan, ingatlah pertanyaan yang telah anda buat sebelumnya. Carilah kata-kata kunci, argumen, atau preposisi dari setiap paragraf yang anda
baca. Bertanyalah pada diri anda pesan utama dari setiap paragraf lalu anda dapat menyimpulkannya sendiri.
Menyebutkan kembali informasi yang telah anda baca juga akan membantu anda menyimpan informasi tersebut untuk digunakan dimasa yang akan datang. Hal yang anda perlu lakukan pertama kali adalah anda dapat membuat sebuah ringkasan dari materi bacaan anda. Ringkasan ada harus singkat, namun anda harus menuliskan pokok-pokok apa saja yang penting yang ingin disampaikan penulis.

Anda juga dapat membaca ringkasan anda keras-keras agar dapat membuat anda lebih bersemangat, anda juga dapat meminta teman anda untuk membacakan ringkasan anda. Cara mengulang-ulang informasi seperti itu dan mendengarkannya dari orang lain adalah cara efektif belajar untuk mengingat informasi.
Tahap terakhir dari tips belajar efektif membaca selanjutnya adalah meninjau kembali semua informasi yang telah anda baca.
Baca : cara mengajari anak membaca

Beberapa tips untuk membaca efektif 
Meluangkan waktu untuk mensurvei terhadap bacaan yang akan anda baca.
Buat pertanyaan dari Judul, Sub Judul, dan tulisan-tulisan yang biasa terdapat dibawah gambar.
Menjawab semua pertanyaan setelah anda membaca seluruh bahan bacaan dengan tuntas.
Buat ringkasan menggunakan kata-kata kunci.
Membaca ringkasan dengan keras-keras.
Buat pemetaan konsep agar anda dapat mengulang informasi yang telah anda baca.

Mau anak anda mendapatkan ranking Kelas...!!!
Untuk orang Tua yang ingin anaknya berprestasi kami membuka bimbingan belajar untuk Tingkat SD - SMP - SMA sampai Perguruan tinggi negeri
Jika anda berminat dapat anda menghubungi BIMBEL WINA
HP: 0822 - 8482 - 6346

DI JAMIN....!!!

Baca Artikel Lainya:


Continue Reading →

Sunday, November 3, 2013

Belajar Efektif Membuat laporan 3


Setelah anda membaca artikel tentang bagaimana cara Belajar membuat laporan ke 2, anda dapat melanjutkan tips belajar cara membuat laporan ke 3.
Ini adalah Artikel terakhir bagaimana cara membuat laporan. Sebelumnya telah diuraikan beberapa cara membuat laporan yang baik jika anda belum membacanya anda dapat menbacanya pada artikel cara membuat laporan 2.

Untuk pembahasan artikel ini, ini adalah bagian penutup dalam pembuatan laporan anda
Yang pertama pada pembuatan laporan anda, Pastikan bahwa anda menyertakan argumen anda dalam laporan penelitian ini (misalkan Sumber Daya Manusia Indonesia di mata dunia) kemudian, jangan lupa anda menyertakan informasi pendukung agar argumen anda tersebut dapat dipercaya.
informasi tersebut dapat berupa data statistik, contoh, teori, dan/atau penilaian dari seorang ahli dibidangnya.

Setelah menganalisa dan membandingkan data yang terkumpul dengan informasi yang telah anda peroleh dalam laporan anda, anda harus perlu menyimpulkan hasil penelitian anda. Kesimpulan anda perlu anda jelaskan hasil dari hasil peenelitian itu sendiri dan apakah data yang terkumpul dapat mendukung argumenmu. Anda juga dapat membuat rekomendasi. Misalnya, jika anda memiliki data bahwa setiap orang cenderung memiliki daya ingatan yang kuat dengan mendengarkan musik klasik saat bayi, maka anda dapat menyarankan bahwa informasi tersebut dapat digunakan untuk oleh para orang tua saat mereka mempunyai bayi. Contoh membuat laporan.

Pastikan pula bahwa semua sumber yang telah kamu dapatka anda cantumkan dalam laporan disertakan sebuah daftar pustaka. Rujukan yang anda buat harus disusun berdasarkan urutan alfabetis dan format rujukan harus konsisten dan akurat. Anda dapat membaca berbagai contoh cara membuat daftar pustaka di Google. Setelah itu siapkan daftar isi, anda harus siapkan sebuah daftar isi dan halaman depan dari hasil laporan penelitian anda yang menyatakan secara judul, nama anda serta menyertakan semua bagian dan bab laporan anda.

Selesai membuat laporan sekarang anda waktunya memeriksa hasil akhir laporan anda.
Pastikan laporan anda sudah selesai, pastikan dan coba anda menbaca pertanyaan di bawah ini:
1. Apakah saya sudah membuat halaman depan laporan lengkap dengan nama dan identitas saya secara jelas?
2. Apakah saya sudah menyertakan daftar isi laporan beserta halamannya dengan tepat?
3. Apakah saya sudah mencantumkan halaman dengan benar?
4. apakah saya sudah menjawab pertanyaan dengan tepat dan memberikan data yang akurat untuk mendukung argumen saya?
5. Apakah daftar pustaka yang saya buat sudah menyertakan seluruh sumber informasinya dengan benar?
6. Aakah saya sudah memperbanyak laporan sebagairujukan ketika dibutuhkan dimasa yang akan datang?
pertanyaan diatas adalah beberapa saran saya ketika anda selesai mengerjaka laporan anda.

Tips belajar membuat laporan :
Laporan yang baik adalah berasal dari
Minat anda terhadap topik penelitian
Pilihan topik yang jelas dan spesifik
Rujukan pada sumber yang tepat jelas dan relevan
Anda harus dapat menganalisa secara kritis dari informasi yang telah anda kumpulkan
Kerangka laporan yang terstruktur
Argumen yang didukung dengan informasi yang relevan
Rekomendasi serta kesimpulan yang akurat dan mendukung
Dafrtar pustaka dan daftar isi yang tepat

Baca Artikel Lainya

Continue Reading →

Belajar Efektif Membuat laporan 2


Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya, jika anda belum membaca artikel sebelumnya tentang belajar efektif cara membuat laporan dapat anda pada artikel cara membuat laporan. Pada bahasan sebelumnya telah dijabarkan poin pertama dan kedua bagaimana anda dapat menghasilkan sebuah laporan yang baik.
pada artikel ini saya juga akan memberikan tips belajar bagaimana cara membuat laporan yang baik.
1. Minat
2. Memilih topik
3. Menentukan sumber informasi anda. Setelah anda menentukan topik dalam penelitian anda, anda memerlukan informasi yang dapat mendukung mengenai topik anda tersebut.
Dengan melihat contoh sebelumnya, anda membutuhkan informasi dan teori mengenai definisi sumber daya manusia, pola pokir, tipe-tipe idividunya, beserta latar belakang sejarahnya.
Anda bisa mendapatkannya di perpustakaan, internet atau lakukan wawancara dengan orang yang ahli guna mendapatkan informasi yang aktual dalam hal-hal tersebut.

4. Ketika kita ingin melakukan penelitian, pilihlah metode penelitian yang sangat cocok dengan tipe penelitian anda guna mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

Penelitian dapat bersifat kualitatif maupaun kuantitatif. Data yang anda dapatkan yang bersifat kualitatif ini dapat berupa hasil wawancara, studi kasus, dan diskusi kelompok serta menyangkut segala aspek kehidupan meliputi sosial,politik, kebudayaan, dan ekonomi.
Sementara data yang anda dapatkan pada penelitian kuantitatif berupa data yang anda kumpulkan melalui metode statistik maupun grafik. Kesimpulannya dapat ditarik dari data-data yang telah anda siapkan dan analisa.

5. Setelah informasi dan data yang anda butuhkan telah terkumpul, sekarang anda mulailah menganalisa data yang kamu miliki. Pergunakanlah pikiran kritismua untuk mempertanyakan teori yang dipergunakan atau anda dapat membandingkannya beberapa informasi yang anda dapatkan dengan data yang telah dilumpulkan.
Jangan bergantung pada satu atau dua sumber informasi. Cobalah anda harus mencari pandangan alternatif lain atau pendapat yang berbeda untuk melihat kesenjangan antara teori, informasi, dan data yang ada.

6. Guna mendapatkan laporan anda terstruktur dan terarah maka anda harus mempunyai rencana atau kerangka sebuah laporan.
Buatlah kerangka laporan sebelum anda menulis karena dengan membuat kerangka laporan anda akan sangat membantu anda untuk memastikan bahwa laporan anda baik.
Pastikan anda menyertakan bagian pembukaan, isi, dan kesimpulan pada penelitianmu. Sertakan judul dan sub bab judul untuk menstrukturkan informasi dan argumen anda.
Setelah itu mulailah anda menulis laporan dengan menggunakan kerangka laporan yang telah disusun.
Jangan lupa anda unuk membuat rujukan yang tepat saat anda mengutip pendapat orang lain.
Ketika rancangan tulisan anda anda tidak sempurna, anda bisa memeriksanya dan mengubahnya kembali setelai menyelesaikan seluruh bagiannya. Tips belajar efektif cara membuat laporan diatas semoga akan membantu anda dalam membuat laporan anda
Tips belajar cara membuat laporan . selanjutnya dapat anda baca pada artikel cara membuat laporan 3

Baca Artikel Lainya




Continue Reading →

Belajar Efektif Membuat Laporan


Belajar Efektif Membuat Laporan

Tips belajar menulis laporan. Disaat kita sedang menghadapi tugas membuat laporan, biasanya kita akan mengalami bagaimana cara membuatnya. Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara sederhana bagaimana anda dapat belajar efektif  cara membuat laporan. Ada sebuah teknik untuk membuat laporan yang baik. Membuat laporan yang baik merupakan hasil dari satu penelitian yang cermat, fakta yang dapat dipercaya, analisa yang kuat serta kesimpulan dan rekomendasi yang sangat berarti

Penelitian yang cermat berarti anda harus mengumpulkan materi dari berbagai sumber sampai anda begitu merasa sangat yakin bahwa seluruh informasi yang anda dapatkan bersifat akurat, terbaru, dan dapat mencakup beberapa pandangan alternatif mengenai topik yang sedang anda teliti hal terpenting dalam. Pastikan juga bahwa semua penelitian anda ini memiliki data yang relevan yang dapat dipercaya sebagai landasan membuat laporan. ini adalah tips belajar efektif yang dapat anda lakukan.

Setelah anda melakukan penelitian, tips belajar efektif selanjutnya anda harus dapat menganalisa informasi yang telah anda dapatkan. Dalam hal ini anda harus memahami ide-ide yang harus anda sampaikan dalam informasi tersebut serta anda harus dapat membandingkan seluruh informasi yang anda kumpulkan untuk melihat dimana letak persamaannya dan perbedaannya. Hal terpenting dalam penelitian juga untuk melihat bagaimana sebuah teori terbentuk atau digunakan setelah informasi itu didapatkan.
Pada akhirnya, sebuah laporan yang baik akan menghasilkan kesimpulan yang tepat dan akan memberikan rekomendasi hal yang berguna. Laporan yang baik akan membahas suatu perdebatan atau isu yang tengah berlangsung  dan mungkin akan memberikan masukan baru atas topik yang telah anda teliti tesebut.

Anda dapat mengikuti beberapa langkah-langkah dalam pembuatan laporan. Coba anda ikuti saran-saran sederhana yang dapat membantu proses penyusunan laporan anda:

1. Disaat anda memilih topik sebuah laporan, pilihlah topik yang menarik minat anda. Minat yang kuat sangat berperan penting dalam mempertahankan motifasi anda selama anda menjalankan proses penelitian maupun menulis laporan.

2. Memilih topik sebuah laporan yang tidak terlalu sempit maupun luas juga perlu anda pertimbangkan.
Contoh topik yang kurang relevan "Peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia di saat ini" mungkin judul tesebut terlalu luas untuk di teliti.
Untuk mempersempit tipik tersebut buatlah sebuah kalimat tanya misalnya, "Apa", "mengapa", "kapan", "bagaimana" atau "siapa".
Dengan penambahan kalimat tanya tersebut, maka topik diatas dapat di persempit menjadi "Bagaimanakah Cara Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Indonesia di saat ini".
Sekarang ubahlah kalimat tanya tersebut menjadi sebuah pernyataan yaitu "Cara Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Indonesia di saat ini".
Pernyataan itulah yang akan menjadi topik penelitian anda.
ini adalah sedikit tips belajar efektif cara membuat laporan
Untuk artikel selanjutnnya tentang cara membuat laporan anda dapat membaca artikel Belajar membuat laporan 2 dan Belajar membuat laporan 3 cara membuat laporan ini sekiranya dapat membantu anda untuk membuat laporan secara lengkap .

Mau anak anda mendapatkan ranking Kelas...!!!
Untuk orang Tua yang ingin anaknya berprestasi kami membuka bimbingan belajar untuk Tingkat SD - SMP - SMA sampai Perguruan tinggi negeri
Jika anda berminat dapat anda menghubungi BIMBEL WINA

HP: 0822 - 8482 - 6346


DI JAMIN....!!!

Baca Artikel Lainya

Continue Reading →

Saturday, November 2, 2013

Belajar Efektif Dengan Menghafal

Tips belajar selanjutnya adalah menghafal. Dalam kegiatan belajar, menghafal sangat berperan penting dalam membantu anda dalam belajar. Ini adalah salah satu teknik belajar efektif. Semua informasi  yang telah anda dapatkan selama belajar disimpan didalam pikiran anda dan akan digunakan untuk menganalisa informasi baru dan anda pun dapat mengambil kesimpulan tentang hal-hal di sekitar anda. Kegiatan menghafal juga sangat berperan penting dalam menghadapi ujian. Beberapa teknik menghafal yang sederhana di bawah ini akan membantu anda dalam menghafal informasi dengan lebih mudah dan efesien.

Teknik sederhana yang dapat anda lakukan dalam belajar efektif adalah membuat Akronim. Maksudnya adalah teknik salah satu cara menghafal informasi dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata kemudian digunakan untuk membentuk sebuah akronim. Semakin akrab dengan akronimnya, semakin anda mudah mengingatnya. Perhatikan contoh dibawah  ini untuk melihat bagaimana teknik akronim ini di pergunakan.

-Ambil huruf pertama dari setiap kata didalam sebuah daftar yang telah tersedia. Susunlah huruf-huruf tersebut sehingga akan membentuk kata yang dapat diingat dengan mudah. Contoh: Ambil huruf pertama dari nama-nama binatang: Anjing, Beruang, Gajah. Anda perhatikan huruf pertama dari nama-nama binatang tersebut yaitu "A", "B", "G". Dengan huruf-huruf tersebut dapat anda mengulangnya menjadi sebuah kata yang lebih mudah anda ingat yaitu ABG. Kata akronim tersebut tidak dapat berarti apapun jika anda tidak membacanya secara terus menerus, namun jika anda membacanya secara berulang-ulang dengan sungguh-sungguh hal ini akan sangat mudah mengingatnya. Contoh tips belajar pertama

Tips belajar menghafal selanjutnya. Yang kedua teknik menghapal yang baik adalah dengan teknik pemetaan. Konsep teknik pemetaan akan sangat membantu anda untuk menyimpan berbagai informasi yang lebih kompleks untuk penggunaan jangka panjang. Biasanya penggunaan teknik ini anda diharuskan membuat diagram visual dari sebuah argumen atau ide dari sebuah penelitian atau informasi yang hendak anda ingat. Untuk membuat pemetaan konsep dari sebuah artikel penelitian, coba anda perhatikan langkah-langkah berikut ini. Langkah belajar efektif

-Sediakan kertas kosong, pertama yang anda harus lakukan adalah menulis ide pokok dari artikel yang telah anda baca. Buatlah lingkaran besar disekeliling ide tersebut. Disamping lingkaran tesebut lalu buatlah sebuah lingkaran yang berukuran lebih kecil, kemudian tarik garis lurus dari lingkaran kecil menuju ke lingkaran yang besar dan cobalah anda menulis pikiran utama dari paragraf pertama dalam lingkaran ini. Jika hal ini cukupu membantu, lakukan hal tersebut dengan lingkaran lainnya.Tarik garis lain dari lingkaran tersebut dan buatlah lingkaran kecil lainya. Dalam lingkaran tersebut, tulislah informasi detail yang akan menjelaskan pokok pikiran utama dari paragraf pertama.
-Lakukan hal yang sama ada paragraf-paragraf berikutnya.
-Hasil akhir dari teknik ini akan membentuk lingkaran-lingkaran kecil berisi pikiran utama dari artikel tersebut yang dikelilingi lingkaran-lingkaran besar yang berisi ide pokok dari artikel.
Ide pokok terletak di tengah-tengah halaman. ini beberapa cara belajar efektif dengan menghafal
Tips belajar selanjutnya anda dapat membaca artikel lainya di

Baca Artikel Lainya

Continue Reading →

Belajar Efektif Dengan Mengelola Waktu


Tips belajar dengan memanfaatkan waktu anda. Bagi anda baik yang di tingkat sekolah maupun pendidikan tinggi harus mengerti dan paham bagaimana cara mengatur waktu anda secara efektif dan dapat menyeimbangkan kegiatan belajar dengan kehidupan pribadi anda. Belajar memang penting untuk melatih otak kita, namun anda juga perlu beristirahat untuk menyegarkan pikiran anda dan merasa lebih santai. Kegiatan menyusun jadwal belajar yang terstruktur dan menunjukan bagaimana komitmennya kita terhadap jadwal tersebut sangatlah penting. Rasa malas yang terjadi akan banyaknya godaan untuk melakukan kegiatan lain adalah problem dari hambatan yang akan terjadi dalam belajarmu. Berikut ini akan di berikan bebeapa ide saran untuk membuat jadwal belajar efektif anda, dimulai dari jadwal bulanan anda, mingguan, sampai harian anda.
Mudah-mudahan semua ini dapat membantu anda dalam mengelola waktu secara efektif.

Tips belajar pertama adalah bagaimana membuat jadwal bulanan, biasanya dipersiapkan setiap awal bulan dan ini akan membantu anda dalam merencanakan seluruh kegiatan pada bulan itu. Dengan jadwal ini, anda dapat dengan mudah melihat apa saja kegiatan anda dan berbagai hal apa saja yang harus anda siapkan jauh-jauh hari seperti ujian dan tugas sekolah. Jadwal bulanan ini harus mencakup kegiatan intra dan extra kulikuler anda. Didalamnya sudah termasuk jadwal ujian, tugas-tugas sekolah, tenggat waktu pengumpulan tugas anda dan berbagai kegiatan extrakurikuler selepas jam sekolah. Rincian jadwal bulanan anda harus mudah dibaca dan anda pun harus dapat memahaminya. Anda dapat menandai aktifitas favorit anda serta beberapa hal penting lainya, atau dapat juga memberikan warna-warna tersendiri untuk semua tugas di setiap mata pelajaran anda. Contohnya, anda dapat mencobanya dengan menulis semua waktu ujian Bahasa Inggris dengan warna biru dan ujian Matematika dengan warna merah.  Sementara untuk kegiatan jadwal sepak bola anda, anda dapat menandainya dengan melingkarinya atau memberikan warna lain sebagai akifitas favoritmu.

Belajar efektif dengan membuat jadwal mingguan juga secara umum dapat dijabarkan secara garis besar sebagai kegiatan anda sehari-hari beserta batas waktunya serta kegiatan lain yang sudah anda cantumkan dalam kalender bulanan anda. Jadwal ini akan membantu anda memerinci jadwal bulanan anda yang telah anda buat sebelumnya sehingga terlihat jelas seluruh k omitmen anda selama satu minggu ini.Anda juga diharapkan untuk memberikan tanda setiap anda selesai mengerjakan suatu hal atau tugas-tugas yang belum selesai untuk diselesaikan pada minggu selanjutnya.

Dan yang ketiga adalah menyusun jadwal harian anda, tips belajar selanjutnya. Jadwal harian anda adalah mencakup seluruh aktifitas dalam satu hari termasuk kegiatan anda disekolah dan waktu istirahat anda. Walaupun hal-hal tersebut dapat berubah, jadwal harian ini akan membantu anda untuk melihat apa yang harus dikerjakan setiap harinya.
Setelah menyusun jadwal ini, cobalah anda melakukan semua jadwal yang sudah anda buat tersebut sesuai rencana.
Dalam menyusun jadwal harian, anda juga dapat membuat kolom yang diisi dengan hal-hal yang perlu disiapkan atau dilakukan di setiap kegiatan anda. Jika anda hari ini melakukan kegiatan olahraga, dalam kolom tersebut anda dapat mencantumkan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut seperti sepatu atau seragam.
ini adalah contoh tips belajar bagi anda yang ingin belajar efektif

Baca Artikel Lainya

Continue Reading →

Friday, November 1, 2013

Cara Belajar Efektif Dengan Lingkungan Yang Nyaman

Pertama yang anda harus lakukan adalah carilah tempat. Idealnya, tempat belajar yang cocok harus tersedia disaat anda membutuhkannya. Apabila diperlukan, sediakanlah sebuah meja atau tempat khusus yag dapat anda gunakan setiap hari, ini akan membiasakan buat anda agar cepat atau terbiasa dengan tempat tersebut. Seandainya anda harus tempat belajar dengan orang lain, perhatikan waktu. Lihat waktu ketika anda ingin belajar, pastikan tempat tersebut siap digunakan untuk anda belajar.

Hal kedua yang perlu anda ketahui adalah Internet. Internet sangat membantu ketika anda sedang mencari berbagai informasi untuk tugas-tugas sekolah anda. Tetapi dengan seiring berkembangnya jaringan Internet ini banyak media sosial yang semakin bertambah, maka dari itu anda harus bisa menahan diri untuk melakukan kegiatan yang tidak seharusnya anda lakukan misalnya chating sudah banyak media chating tersedia di Internet, menggunakan email untuk hal yang tidak bermanfaat serta games online atau membuka situs-situs favorit anda. Lebih baik anda menghindarinya ketika anda sedang belajar karena hal ini sangat mengganggu waktu belajar anda. Kerjakan dahulu tugas-tugas anda, setelah itu barulah gunakan waktu anda untuk bermain internet. Ingat waktu akan sangat cepat berlalu jika anda bermain dengan internet.
Hal ketiga belajar efektif yang baik anda harus ketahui. Jangan berisik, sangat mendasar tapi anda harus perlu mengingatnya. Sangat penting untuk memastikan bahwa waktu belajarmu bebas dari gangguan luar. Cara terbaik untuk mendapatkan hal itu adalah dengan belajar seorang diri ditempat yang sepi, kalau perlu anda memasang tanda "Jangan Diganggu" di pintu. Sedapatya anda harus menjauhkan berbagai gangguan seperti televisi, radio, phonsel atau bacaan lainnya seperti novel atau yang lainnya.

Beberapa hal lainnya menyangkut untuk kenyamanan anda belajar misalnya anda harus memastikan apa saja yang harus anda perlukan dan telah tersedia di lingkungan belajar anda. Hal ini bisa berupa alat-alat tulis, sebotol air minum atau sedikit makanan ringan. Hal ini dapat menghemat waktu belajar anda dan anda pun dapat mengatur waktu yang anda miliki. Usahakan juga ketika anda belajar anda menggunakan kursi dan meja yang nyaman serta penerangan yang baik selama anda belajar. Rasa nyaman juga dapat dihasilkan daru ruangan yang sejuk, aturlah temperatur ruangan senyaman mungkin tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin pula. Perasaan nyaman itu penting untuk membuat kamu belajar lebih efektif.

Baca Artikel Lainya


Continue Reading →

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive