Wednesday, April 29, 2015

Keajaiban Air Putih...Ini loh Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Pagi hari

Konsumsi Air Putih Putih di Pagi hari
Banyak orang mengabaikan mengkonsumsi air putih termasuk saya hehehe... kadang saya lupa terlalu berfokus dengan pekerjaan apa lagi jika pekerjaan saya menumpuk yang ada di benak saya hanya mengerjakan tugas bagaimana caranya agar pekerjaan saya cepat selesai, atau saat kita baru bangun tidur kita pun lupa atau tak sempat mengkonsumsi air di pagi hari. Padahal mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari sangat dianjurkan lohh. Apa manfaat minum air putih pagi hari?

Manfaat Mengkonsumsi Air Putih di Pagi hari

Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK, saat tidur, tubuh kita mengeluarkan banyak air dengan kata lain terjadi penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang.

Jadi jika anda  tidak mengonsumsi air putih di pagi hari atau setelah bangun tidur, tubuh juga bisa kekurangan mineral yang bisa mengganggu kesehatan anda . Cukup satu gelas anda minum air putih setelah bangun tidur, akan sangat bermanfaat untuk tubuh anda.
Tak hanya setelah bangun tidur, Samuel pun juga menyarankan agar melakukan hal yang sama sebelum tidur. Tak perlu berlebihan karena konsumsi air putih berlebih justru bisa membebani Anda karena memicu lebih sering pergi ke kamar kecil termasuk juga berefek buruk pada fungsi jantung dan ginjal.
Dan anda harus ingat, jangan pernah mengabaikan dan menyepelekan manfaat air putih. Meski demikian, Anda pun perlu selektif memilih air untuk dikonsumsi. Air yang diminum harus memenuhi aspek kesehatan, umumnya air terdiri dari H2O, tapi tubuh juga butuh air yang mengandung mineral (Natrium, Kalium, Klor) agar otot bisa bergerak. Berapapun air yang terbuang, harus segara diisi kembali,termasuk saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, apalagi bagi anda yang hobi sekali berolahraga jangan pernah untuk kekurangan cairan karena akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh anda.
Jadi sudah jelaskan Manfaat mengkonsumsi air putih di pagi hari itu apa?? sudah di jelaskan diatas bagaimana pengaruh air putih dalam tubuh kita, So mulai sekarang biasakanlah kita untuk mengkonsumsi air putih di pagi hari untuk kesehatan kita..
Artikel tentang Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Pagi Hari ini semoga bermanfaat bagi anda trimakasih salam...
Continue Reading →

Resiko Bahaya Tidur Pagi Hari

Sedang asik-asiknya bermimpi tiba-tiba byurrr...
Air sudah membahasi kamar tidur anda . Apakah anda pernahkan anda mengalami hal seperti itu??
Pengalaman ini saya dapatkan saat saya masih berusia anak-anak sampai remaja karena kebiasaan kita yang suka tidur terlalu larut malam menyebabkan kita sering bangun kesiangan. beruntung ada alaram hidup yang sering membangunkan kita tidak lain ya orang tua kita heheheh...

Dulu saya sempat kesal di buat orang tua saya, saat sedang asik-asiknya tertidur tiba-tiba dibangunkan, Uhhh mungkin darah militer anda mungkin akan naik juga, sama seperti saya yang sudah siap melepaskan tembakan kearah musuh tapi berhubung yang di hadapi adalah musuh dalam rumah (orang Tua kita) jadi ya niat kita untuk berperang ga jadi deh heehehe...
Oiya kita kembali ketopik pembahasan Resiko Bahaya Tidur Pagi

Resiko Bahaya Tidur Pagi

Alasan kenapa Kita tidak boleh tidur Pagi hari, Dulu saya sempat berpikir kenapa orang tua saya selalu membangunkan saya setiap kali bangun kesiangan ini adalah metode pengolahan alam bawah sadar kita yang membiasakan diri kita untuk lebih terbiasa bangun pagi biasanya kegiatan di pagi ini banyak manfaatnya disamping pikiran kita yang masih segar udara pun masih sangat baik untuk melakukan aktifitas dengan semangat.
Yups inti dari kita bangun Pagi adalah agar kita terhindar dari rasa kemalasan.
Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula. apakah anda pernah merasakan hal tersebut?? bangun di siang hari apakah anda merasa badan ini sedikit terasa malas jika dibandingkan bangun di pagi hari??

Apakah anda mengerti tentang maksud diatas?? Pasti Anda sudah paham maksudnya " bermalas malasan akan menutup pintu rejeki anda" Jadi berhati-hatilah bagi anda yang suka tidur dipagi hari, Jika Anda malas untuk bangun pagi kemungkinan besar pintu rejeki anda pun akan tertutup jadi alangkah baiknya jika kita membiasakan bangun bagi dan memulai aktifitas yang membuat gairah hidup kita tinggi, dimana ada semangat untuk bekerja. Itulah Resiko Bahaya Tidur di pagi hari pintu rejeki anda sedikit banyak akan tertutup bagi anda

Resiko Bahaya Tidur Pagi

Continue Reading →

Tips Cara Menghindari Wasir atau Ambien

Hari ini saya tidak dapat duduk dengan nyaman, sudah beberapa hari ini bagian (maaf) anus saya sedikit mengalami pembengkakan mungkin karena terlalu lama duduk bekerja sebagai karyawan yang di setiap harinya hanya berkutat di depan Komputer,. Mungkin sebagian pembaca pun pernah mengalaminya sakit nyeri dibagian anus atau biasa disebut wasir atau ambien. disini saya akan menuliskan pengalaman saya saat menderita penyakit ini dan bagaimana cara mengurangi penyakit ini, berikut tipsnya.

Tips Cara Menghindari Wasir atau Ambien

1. Mengkonsum Makanan Berserat

Pertama saya menganjurkan anda untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat biasa serat ini terdapat di dalam sayuran maupun buah-buanan. Pilihlah sayur atau buah-buahan yang kadar seratnya tinggi misalnya brokoli, pepaya dll, usahakan anda mengkonsumsi makanan ini setia hari

2.  Minum Air Putih

Jangan meremehkan air  putih karena kasian air putih sangat bagus untuk kesehatan, cobalah anda meminum air putih minimal 8 gelas sehari atau 2 liter perhari walaupun terlihat sepele namun efek dari meminum air putih sangat tinggi pertama kebersihan ginjal terjaga jadi semua racun yang diseap dalam tubuh dapat di netralisir oleh ginjal anda

3. Meningkatkan jumlah aktivitas fisik harian anda 

Seperti saya sebutkan sebelumnya kegiatan saya yang hanya berkutat didepan komputer membuat saya jarang melakukan aktifitas yang berlebihan, jadi saya sarankan bagi anda di saat anda bekerja luangkan waktu sedikit untuk melakukan gerakan-gerakan untuk sekedar merenggangkan otot-otot anda, alagkah bainya jika anda mempunyai waktu untuk berlolahraga diluar karena efek olahraga juga sangat baik untuk kesehatan anda.

4. Menggunakan pelunak tinja

Anda dapat menggunakan pelunak tinja ini jika perlu, Anda dapat membelinya di apotik atau tempat-tempat yang menjual pelunak tinja ini serta konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan berkepanjangan pelunak tinja dan pencahar ini.

5. Kurangi mengejan anda saat Buang Air Besar

 Ubah kebiasaan buang air besar anda yang biasa memaksa untuk cepat keluar dengan mengajan hindari hal tersebut, jangan mengejan bila ketika buang air besar masih belum mau keluar tunggu sampai kotoran benar-benar mau keluar.

6.  Menjaga Kebersihan

Bagaimanapun juga kebersihan adalah melambangkan kesehatan Menjaga kebersihan daerah sekitar anus dengan membilas dengan air yang bersih bila selesai buang air besar salahsatunya. hindarkan penggunaan tisu atau sejenisnya.

Artikel ini saya tulis untuk menambah wawasan kita mengenai penyakit wasir. Mungkin dari anda yang lebih memahami tentang penyakit wasir dapat berkomentar di bawah dengan memberikan info yang lebig baik karena disini saya hanya membuat secara garis besarnya saja. Trimakasih buat para pembaca yang bersedia meluangkan waktunya mengunjungi website kami artikel tentang Tips Cara Menghindari Wasir di atas adalah artikel
Continue Reading →

Tips Cara Menghindari Maag

Pernahkah Anda merasakan sakit di bagian perut anda??
yahh.. Itu adalah salah satu gejala maag.
Jangan anda anggap remeh penyakit yang satu ini, karena jika anda biarkan dalam waktu yang cukuplama dapat menyebabkan pembusukan pada bagian lambung anda karena kulit lambung anda akan terus tergesek dan akan menyebabkan luka, banyak orang meninggal di karenakan penyakit ini, jadi tetap berhati-hatilah anda dalam menyikapi penyakit ini.
Ok langsung saja, pada artikel ini saya akan membahas masalah cara menghindari penyakit maag .

Tips Cara Menghindari Maag..!!!

Tips Agar Terhindar dari Maag... 

Beberapa tips dibawah ini agar Anda dapat terhindar dari penyakit maag .diantaranya adalah

1. Melakukan Puasa

Mungkin kebanyakan dari anda berpikir bahwa berpuasa malah semakin memperburuk keadaan maag anda dan memang benar adanya tetapi sekali lagi digaris bawahi tetapi sebenarnya beruasa juga dapat membantu memperbaiki kerja dari sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag. Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam; maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringan, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.

2. Mengendalikan Stres

Stres dapat memperparah gejala maag, stres memang sulit untuk dihindari akan tetapi kita dapat belajar untuk mengatasinya. Untuk dapat mengurangi stres cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan diri seperti memperbanyak Ibadah, berolahraga atau berjalan-jalan di taman

3. Pemilihan Jenis Makanan

Memilih jenis makanan pun harus ada petimbangannya, penderita maag sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam/kecut (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus, pedas (sambal, merica), karena dapat memicu produksi asam lambung. Coklat, kue tart, keju, dan makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan) juga harus dihindari karena sulit dicerna lambung, demikian juga merokok, karena dapat memicu peradangan lambung.
Usahakan mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna, porsinya sedikit dengan frekuensi sering, perbanyak konsumsi buah dan sayur kecuali buah nangka, pisang ambon, kedongdong dan sayur sawi dan kol. Sering-seringlah minum air putih, karena dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi mengkonsumsi minuman seperti teh, kopi atau soft drink (minuman bersoda).
Salah satu jenis makanan untuk mengobati penyakit maag adalah tempe, karena memiliki protein bagus/siap diserap oleh tubuh sebab telah dicerna oleh kapang (jamur) yang ada pada tempe dan senyawa anti peradangan. Mengkonsumsi tempe untuk pengobatan maag dapat disajikan dengan cara dikukus, direbus atau digoreng menggunakan sedikit minyak. Apabila kita disiplin dalam mengatur pola makan ini, Insya Allah penyakit maag dapat membaik dan gejalanya dapat berkurang tanpa diobati.

3. Mengatasi Stres

Stres dapat memperparah gejala maag, stres memang sulit untuk dihindari akan tetapi kita dapat belajar untuk mengatasinya. Untuk dapat mengurangi stres cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan diri seperti memperbanyak dzikir dan membaca al qur’an. Ingatlah hanya dengan mengingat Alloh Ta’ala hati kita akan menjadi tenang.

4. Mengatur Waktu Makan

Selayaknya Masyarakat Indonesia waktu makan kita terbagi menjadi 3 bagian yaitu makan pagi, makan siang, makan malam.Tinggalkan kebiasaan menunda waktu makan, jangan biarkan perut kosong dalam waktu yang lama karena kebiasaan ini menyebabkan tidak adanya makanan atau minuman yang harus dicerna. Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis), apabila di dalam lambung kita tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri, sehingga kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung.

Artikel Tips Cara Menghindari Maag ini semoga dapat bermanfaat bagi anda



Continue Reading →

Tuesday, April 28, 2015

Korban Kesalahanan Program Pemerintah Menyangkut Masalah Ujian Nasional

Tidak terasa tahun ajaran 2014-2015 sudah mulai selesai banyak cerita yang ingin di ungkapkan disini, Sedikit saya ingin bercerita dan menuangkan pemikiran saya pada artikel ini
Perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan yang membuat kita merasa sebagai bahan percontohan dari dinas pendidikan yang hasilnya boleh di bilang mengecewakan.
Bagaimana tidak anak-anak didik kami prilaku dan sifat yang terjadi sekarang ini sangat menghawatirkan mungkin pola ajaran kami yang salah atau banyaknya perubahan tentang cara mendidik anak yang lebih mengedepankan nilai akademik tidak berbanding lurus dengan dengan nilai prilaku dan budi pekertinya, pertama saya sedikit kecewa dengan pemerintah saat mencanangkan program kelulusan dengan nilai terendah pada UN sekitar tahun 2000an sampai sekarang  dan efek dari peraturan tersebut , saya melihat siswa tidak memiliki nilai prilaku yang baik karena yang lebih di utamakan mereka adalah nilai akademik, entah bagaimana cara mendapatkannya anak-anak tetap di jalankan. Nilai akademik dapat di atasi  tapi prilaku yang baik hilang,
Anda mungkin pernah berpikir kenapa anak-anak jaman sekarang telah berubah tingkah lakunya dengan masa kita terdahulu, bagaimana kita di didik patuh terhadap orang tua atau orang yang lebih di tuakan?? namun sekarang anda bisa lihat banyaknya anak-anak kita yang begitu membangkang terhadap orang tua??? Memang tidak semua anak-anak memiliki sifat diatas tapi coba anda perhatikan pola tingkah laku anak-anak jaman sekarang.
Ini sedikit curahan hati saya mengenai pola pendidikan anak yang lebih mengedepankan Nilai akademik di bandingkan prilaku yang sedkit membuat saya kecewa, Beruntung sekolah mulai mengembalikan lagi tingkat kelulusan kepada sekolah dimana Nilai kelulusan tidak hanya didapat dengan Nilai Ujian yang tinggi tapi juga nilai tingkahlaku siswa tersebut selama bersekolah, yahh walaupun agak sedikit sulit merubah kembali karakter anak-anak Indonesia yang telah hilang tapi kami tetap akan peduli untuk perkembangan anak-anak Indonesia kedepannya..

Jayalah terus Indonesiaku
Continue Reading →

Wednesday, April 1, 2015

Penyalahgunaan Dana dalam dunia pendidikan

Ketika saat saya saya mendengar ada info yang berhubungan dengan dunia pendidikan, saya sedikit mengikutinya. Dan berita tang menarik saat itu adalah konflik yang menyangkut antara Gubernur DKI Jakarta Ahok atau Basuki Cahaya dan Dewan DPR.
Masalah klasik yang mungkin sering terjadi di Indonesia termasuk di tempat saya bekerja. Adanya pembengkakan dana yang di keluarkan Pemerintah untuk pendidikan serta adanya penyalahgunaan dana  dan bagi saya itu sangat miris sebagai pendidik.
Pertama saya melihat bahwa dana yang telah di keluarkan pemerintah sangat tidak tepat, anda bisa lihat di televisi pembelian alat-alat yang seharusnya tidak di peruntukan untuk sekolah namun di berikan pemerintah. Kejadian berbeda terdapat di tempat saya bekerja yaitu adanya pembengkakan dana yang tidak sampai ke tempat saya bekerja ataupun permainan para guru untuk mendapatkan suatu proyek dari dana tersebut.
Saya teringat ketika pertama kali saya bekerja di tempat ini, saya sebagai guru Fisika mendapati peralatan pada laboratorium yang tersedia di sekolah tersebut sangat minim padahal ketika saya tanya kepada kepala sekolah tempat saya bekerja dana selalu ada untuk penyediaan alat-alat laboratorium tersebut termasuk jumlah permintaan dari pihak sekolah kepada dinas. Jadi kemanakah alat-alat tersebut?? sedangkan dana selalu keluar dari Pemerintah.
Menyangkut masalah ini saya tidak dapat menjawabnya, mungkin para pembaca yang membaca artikel ini bisa memahami maksud semua ini...
Trimakasih telah membaca cerita ini mungkin lain waktu saya akan mebagikan cerita lain yang saya dapatkan dalam dunia pendidikan
Gudluck Guru Indonesia

Pengalaman ku mengajar di daerah terpencil

Continue Reading →

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive