Wednesday, September 9, 2015

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Yang Sangat Dianjurkan untuk Dikonsumsi

###
nutrisi ibu hamil

Mengkonsumsi Makanan bergizi untuk ibu hamil

Pemenuhan akan kebutuhan nutrisi ibu hamil yang tepat selama kehamilan ibu dapat mempengaruhi perkembangan bayi didalam perut. Oleh karena itu, ibu hamil harus dapat memperoleh beberapa nutrisi yang sangat disarankan para dokter. 
Baca juga artikel tentang makanan yang dapat membuat anak cerdas dan pintar

Beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang penting.

Asam folat
Fungsi dari asam folat adalah berguna untuk pembelahan sel  , mencegah terjadinya anemia dan mengurangi risiko Deffects tabung saraf (NTD). Dan untuk kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hami adalah 600 mcg per hari. Biasanya, ibu hamil akan menerima minimal 400 mcg suplemen asam folat per hari. Untuk menghidari resiko berbahaya pada ibu dan janin. Kemudian, sumber asam folat lainya bisa di peroleh  dari makanan seperti ayam dan hati, telur, daging sapi, manfaat brokoli juga penting bagi tubuh, asparagus, ikan lele, kacang, dan oranye.
Jika ibu hamil mengalami kekurangan asam folat  hal ini akan menyebabkan penutupan dari sumsum tulang belakang atau tulang belakang sumbing (spina bifida), termasuk cacat bawaan yang  dapat terjadi pada hasil kanal dan tulang punggung tulang belakang tidak tertutup sebelum kelahiran si bayi. (myelomeningocele).

Besi

Fungsi  dari zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah, sel darah merah membentuk, dan mengoptimalkan fungsi otot tubuh ibu. Biasanya, ibu hamil membutuhkan zat besi sebanyak 27 mg per hari. Namun, untuk bulan kedua dan ketiga, ibu hamil biasanya diberikan tambahan sedikit suplemen zat besi 30 mg per hari. Hal ini menghindari anemia pada ibu hamil, untuk ibu hamil apabila kekurangan zat besi akan menyebabkan kekurangan darah atau anemia.

Seng

Fungsi dari zat Zinc ini berguna untuk untuk mencegah adanya  gangguan pertumbuhan organ janin yang membuat perkembangan otak janin tidak normal,  mencegah bayi prematur, kelainan bawaan, perkembangan otak yang abnormal itu, janin juga akan memiliki kekebalan tubuh, proses pertumbuhan janin menjadi  baik.

Kebutuhan akan zat Zinc ini sebanyak 11-13 mg per hari. Dalam kehamilan, zat zinc ini berperan dalam pembentukan asam ribonukleat (RNA) dan Nucleic Acid Dioksiribosa (DNA) pada janin.

Kalsium

Kalsium sendiri berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari penyakit osteoporosis (tulang keropos pada tulang belakang biasa diderita oleh orang tua). Ibu hamil biasa membutuhkan kalsium antara 1000-1300 mg. Suplementasi pada ibu hamil sangat diperlukan jika mereka tidak mengkonsumsi susu atau produk susu tambahan.

Vitamin D

Fungsi Vitamin D Berguna untuk gangguan tulang dan membantu mencegah penyerapan kalsium. Wanita hamil harus mengonsumsi vitamin D per hari sebanyak  5 mcg (200 IU). Apabila ibu mengalami  kekurangan vitamin D selama kehamilan, hal ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan enamel gigi dan kekurangan kalsium pada janin.
Semua makanan bergizi untuk ibu hamil ini sebaiknya anda konsumsi secara rutin agar bayi anda memiliki perkembangan yang baik.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi


4 comments:

  1. Replies
    1. Semoga bermanfaat buat Mas Hepu kelak kalo sudah punya istri :D
      Nutrisi ibu hamil
      trimakasih untuk kunjungannya :D

      Delete
  2. Semoga bermanfaat buat Mas Adam kelak kalo sudah punya istri :D
    Nutrisi untuk ibu hamil
    Trimakasih untuk kunjungannya :D

    ReplyDelete

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive