Monday, August 3, 2015

Tips dan manfaat berpikir kritis

###

Tips dan manfaat berpikir kritis
Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional. Disaat Kita berpikir kritis tentu adalah untuk merefleksikan hal-hal secara independen. Berpikir kritis akan menjadi semakin mempunyai manfaat dalam kehidupan, hal ini dapat dikembangkan saat kita masih disekolah. Seorang pemikir yang kritis biasa akan mampu menyimpulkan kesimpulan dari apa yang dia sudah tahu, menggunakan pengetahuan yang ada untuk mencapai kesimpulan, dan mengidentifikasi sumber-sumber informasi yang relevan untuk memperluas pengetahuan yang ada. dan ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita dalam kehidupan

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan cara pemikiran kritis Anda.
Mencoba memperjelas pemikiran Anda. Jangan puas dengan pemahaman yang samar-samar atau tidak jelas dari suatu hal. Jangan mengambil hal-hal pada nilai nominal. Carilah arti sebenarnya dari hal-hal dengan melihat bukan hanya permukaan atau luarnya saja, tetapi di bawah permukaan juga bahkan sampai kedalam-dalamnya.
Memberlakukan  dan memperbaiki standar intelektual Anda. Menilai akan sesuatu hal sesuai dengan standar pribadi Anda, standar sosial, dan standar profesional. Mencoba menempatkan pemikiran kita dalam sudut pandang yang berbeda.
Tetap berpikiran terbuka. Anda tidak akan mampu berpikir kritis jika Anda mempunyai sifat yang sangat keras kepala tanpa mau melihat pendapat orang lain,  Ubah sikap anda tersebut, cobalah untuk lebih menerima pendapat orang lain walaupun itu tidak sepaham dengan anda, ini tentu saja sangat penting dalam hal berdiskusi
Memanfaatkan observasi dan kesimpulan, tetapi menempatkan nilai tinggi pada realitas sudut pandang yang objektif. Untuk menjadi produktif, anda haru dapat berpikir secara akurat serta harus memahami dan menafsirkan suatu keadaan yang terjadi.
Jangan terburu-buru untuk menghakimi sesuatu. Menahan penilaian tentang hal-hal sampai Anda yakin Anda memiliki cukup informasi yang dapat digunakan untuk membuat penilaian informasi yang lebih kuat. Ini adalah cara lain untuk mengatakan "belum menemukan pendapat yang sesuai."
Tetap fokus pada apa yang relevan pada suatu topik.
Jadilah seorang intelektual dengan keingintahuan lebih . Ketahui berbagai hal yang Anda tidak tahu tentang banyak hal dan mengeksplorasi cara-cara baru untuk melihat dan melakukan hal-hal terbaru yang sebelumnya belum anda ketahui
Jangan biarkan emosi Anda menguasai cara berpikir Anda. Sulit untuk berpikir kritis ketika Anda marah atau kesal. Anda akan melakukan pemikiran jelas ketika Anda  merasa tenang dan emosi yang terkendali.
Jadilah pendengar yang baik. Semakin baik Anda mendengarkan, semakin banyak informasi yang benar Anda akan memiliki, dan keputusan yang lebih baik tentu anda akan buat.
Jadilah pemikir yang kritis ke hal yang positif, Pemikiran kritis dapat membantu anda untuk dapat sukses dalam kehidupan.
Semoga artikel ini bermanfaat…

Mau anak anda mendapat rangking dikelas…!!!

Ayoo…
Gabung bersama kami

BIMBEL WINA

Membuat anak anda mendapatkan rangking dikelas, tersedia juga kelas untuk keperluan putra putri anda yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi negeri

Bergaransi…!!!Dijamin…!!!

Tempat terbatas
Untuk Info lebih lanjut Hub No

BIMBEL WINA
Hp:0822-8482-6346


2 comments:

  1. Gud post wae lah gan, tpi kok ujung-ujungnya iklan

    ReplyDelete
  2. hehehe trimakasih mas sudah berkunjung
    kami membuka jasa pendidikan bimbel mas :D
    Anak sekolah SD-SMP-SMA 100% dijamin lulus UN

    ReplyDelete

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive