Thursday, July 23, 2015

Tips Bagaimana Cara Persentasi Yang Baik didepan Umum

###
cara persentasi yang baik

Tips cara persentasi yang baik didepan Umum
Hari ini saya akan mengulas pada website saya www.carabelajarefektif.com tentang Tips bagaimana cara membuat presentasi secara lisan di kelas atau tempat umum dengan baik. Terpenting terlebih dahulu adalah Anda harus benar-benar memahami  materi  persentasi Anda dengan baik dan meyakinkan audiens Anda bahwa mereka memiliki sesuatu untuk mendapatkan dari mendengarkan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat presentasi lisan lebih efektif. Berikut Tipsnya:
Bersiaplah, Dalam pemilihan materi sebaiknya anda benar-benar memahami dengan baik materi apa yang akan anda sampaikan Pastikan Anda dapat menyajikan informasi Anda dalam waktu yang pas tidak terlalu bertele-tele dari waktu yang telah diberikan dan juga tidak terlalu cepat. Dan hal Penting lainnya adalah Mengantisipasi pertanyaan,yang mungkin akan diminta dan mempersiapkan jawaban untuk itu.
Kenali audiens Anda. Menyesuaikan presentasi Anda ke tingkat audiens Anda pengetahuan tentang subjek presentasi Anda, apa yang mereka perlu tahu, dan apa kepentingan mereka.
Menjadi positif. Jelaskan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan antusias tentang Materi Anda.
Kebiasaan dari Siswa sekolah maupun mahasiswa atau orang lain adalah membaca persentasinya. Hindari hal ini Jangan biasakan anda membaca presentasi Anda. Berbicara dengan audiens Anda. Gunakan catatan Anda sebagai setiap petunjuk yang diperlukan.
Memberikan contoh. Cobalah untuk membuat presentasi Anda sebagai  objek jika perlu, Tambahkan anekdot dan humor yang tepat  pada waktu yang tepat. Hal ini akan sangat membantu untuk membuat suasana tidak terlihat monoton.
Gunakan alat bantu visual. Suplemen apa yang Anda katakan dengan alat bantu visual seperti handout, grafik, transparansi, dan slide. Pastikan bahwa setiap orang dapat dengan mudah melihat alat bantu visual. Jangan gunakan alat bantu visual yang begitu kompleks yang penonton akan menghabiskan waktu mencoba untuk membacanya dari pada mendengarkan Anda. Bantu visual adalah suplemen untuk apa yang Anda katakan, tidak pengganti untuk apa yang Anda katakan.
Mempertahankan kontak mata. Menggeser kontak mata Anda di sekitar ruangan sehingga semua orang merasa bahwa Anda berbicara kepada mereka.
Secara aktif melibatkan audiens Anda. Orang dapat mendengarkan hanya begitu lama tanpa adanya mereka berkeliaran. Membuat presentasi Anda semenarik mungkin akan membantu Anda untuk menangkap dan menjaga perhatian audiens Anda untuk sementara waktu, tetapi Anda harus melakukan lebih. Membuat  beberapa kegiatan sederhana dan cepat untuk audiens Anda sehingga mereka secara aktif terlibat dalam presentasi Anda. Mengajukan pertanyaan yang Anda yakin audiens Anda akan mampu menjawab.
Gunakan suara Anda secara efektif. Variasikan nada suara Anda dan berhati-hati untuk tidak berbicara terlalu cepat.
Berakhir pada nada tinggi. Tinggalkan audiens Anda merasa optimis tentang apa yang baru saja mereka dengar.


Demikian sedikit ulasan saya, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda terimakasih

2 comments:

  1. kebetulan sekali selasa yang akan datang saya akan presentasi gan :)

    ReplyDelete
  2. wah jadi ada persiapan kalo mau maju presentasi gan :D

    ReplyDelete

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive