Wednesday, April 29, 2015

Tips Cara Menghindari Maag

###
Pernahkah Anda merasakan sakit di bagian perut anda??
yahh.. Itu adalah salah satu gejala maag.
Jangan anda anggap remeh penyakit yang satu ini, karena jika anda biarkan dalam waktu yang cukuplama dapat menyebabkan pembusukan pada bagian lambung anda karena kulit lambung anda akan terus tergesek dan akan menyebabkan luka, banyak orang meninggal di karenakan penyakit ini, jadi tetap berhati-hatilah anda dalam menyikapi penyakit ini.
Ok langsung saja, pada artikel ini saya akan membahas masalah cara menghindari penyakit maag .

Tips Cara Menghindari Maag..!!!

Tips Agar Terhindar dari Maag... 

Beberapa tips dibawah ini agar Anda dapat terhindar dari penyakit maag .diantaranya adalah

1. Melakukan Puasa

Mungkin kebanyakan dari anda berpikir bahwa berpuasa malah semakin memperburuk keadaan maag anda dan memang benar adanya tetapi sekali lagi digaris bawahi tetapi sebenarnya beruasa juga dapat membantu memperbaiki kerja dari sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag. Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam; maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringan, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.

2. Mengendalikan Stres

Stres dapat memperparah gejala maag, stres memang sulit untuk dihindari akan tetapi kita dapat belajar untuk mengatasinya. Untuk dapat mengurangi stres cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan diri seperti memperbanyak Ibadah, berolahraga atau berjalan-jalan di taman

3. Pemilihan Jenis Makanan

Memilih jenis makanan pun harus ada petimbangannya, penderita maag sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam/kecut (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus, pedas (sambal, merica), karena dapat memicu produksi asam lambung. Coklat, kue tart, keju, dan makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan) juga harus dihindari karena sulit dicerna lambung, demikian juga merokok, karena dapat memicu peradangan lambung.
Usahakan mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna, porsinya sedikit dengan frekuensi sering, perbanyak konsumsi buah dan sayur kecuali buah nangka, pisang ambon, kedongdong dan sayur sawi dan kol. Sering-seringlah minum air putih, karena dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi mengkonsumsi minuman seperti teh, kopi atau soft drink (minuman bersoda).
Salah satu jenis makanan untuk mengobati penyakit maag adalah tempe, karena memiliki protein bagus/siap diserap oleh tubuh sebab telah dicerna oleh kapang (jamur) yang ada pada tempe dan senyawa anti peradangan. Mengkonsumsi tempe untuk pengobatan maag dapat disajikan dengan cara dikukus, direbus atau digoreng menggunakan sedikit minyak. Apabila kita disiplin dalam mengatur pola makan ini, Insya Allah penyakit maag dapat membaik dan gejalanya dapat berkurang tanpa diobati.

3. Mengatasi Stres

Stres dapat memperparah gejala maag, stres memang sulit untuk dihindari akan tetapi kita dapat belajar untuk mengatasinya. Untuk dapat mengurangi stres cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan diri seperti memperbanyak dzikir dan membaca al qur’an. Ingatlah hanya dengan mengingat Alloh Ta’ala hati kita akan menjadi tenang.

4. Mengatur Waktu Makan

Selayaknya Masyarakat Indonesia waktu makan kita terbagi menjadi 3 bagian yaitu makan pagi, makan siang, makan malam.Tinggalkan kebiasaan menunda waktu makan, jangan biarkan perut kosong dalam waktu yang lama karena kebiasaan ini menyebabkan tidak adanya makanan atau minuman yang harus dicerna. Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis), apabila di dalam lambung kita tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri, sehingga kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung.

Artikel Tips Cara Menghindari Maag ini semoga dapat bermanfaat bagi anda



0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive