Thursday, October 16, 2014

Membuat Anak Anda Genius Seperti Albert Einstein

###
Membuat Anak Kita Genius
Untuk menjadi genius tidaklah harus dari faktor keturunan. Dengan menerapkan faktor belajar yang baik dan efektif anda pun bisa menjadi orang pandai dan genius. Belajar bukan berarti kita memaksakan diri setiap waktu dan setiap detik, tergantung dari mood kita. Metode belajar yang sering dipaksakan tidak akan menghasilkan yang baik pula. Sedangkan Setiap orang memiliki cara dan metode tersendiri bagaimana cara belajar mereka agar bisa terus memahami apa yang mereka inginkan.
Kebanyakan pelajar sekarang, belajar ketika hendak ujian di depan mata. Mereka biasa menggunakan System SKS (System Kejar Semalam) dan hal itu hampir 70% pelajar di Indonesia seperti ini. Belajar bukanlah berarti menghafal. Belajar yaitu coba untuk memahami dan mengerti dari apa yang kita pelajari. Belajar bisa dilakukan rutin setiap hari dengan mengambil waktu sekitar 1-2 jam diwaktu pagi hari, sore maupun malam diterapkan sesuai dengan mood yang baik untuk belajar dari setiap karakter yang ada pada diri sendiri. Dengan sistem mengulang, kita akan paham dengan sendirinya. Berbeda dengan menghafal, mugkin kita akan hafal 1-2 hari saja. Setelah itu?? Hilang semua hafalan kita dengan hal-hal yang baru ataupun oleh hal-hal lainnya. mungkin kita sebagai orang tua pun pernah mengalaminya…
Maka dari itu ntuk mencoba belajar yang baik dan efisien, Tidaklah harus menggunakan metode paksaan. Berikut penulis berikan sedikit Tips Cara belajar yang baik dan efektif yang biasa lakukan:
1. Metode Mencatat
Anda pasti tau bukan kalau otak manusia bukan seperti otak robot? sekali terprogram A terus berjalan A. Otak manusia ada batasnya. Ada kalanya manusia lupa. Oleh sebab itu Metode mencatat menjadi hal terbaik yang dapat digunakan sebagi metode belajar anda. Anda bisa menulis hal-hal yang penting saja ketika anda membaca ataupun mendengarkan apa yang guru ajarkan. Dengan metode ini, sewaktu-waktu anda bisa mengulang kembali apa yang telah guru sampaikan kepada kita.
2. Mengulang Apa yang telah kita pelajari
Belajar sekali saja tidaklah cukup untuk bisa memahami apa yang kita inginkan. Mengulang merupakan salah satu hal yang sangat bagus untuk bisa memahami apa yang kita pelajari. Coabalah untuk membaca kembali apa yang telah kita tulis dan kita pelajari sehari 1-3 kali. Hal itu pasti akan berdampak sangat bagus untuk metode belajar anda.
3. Belajar Kelompok
Ada tanggapan positif dan negatif mengenai belajar kelompok. Belajar kelompok sering dijadikan moment untuk kumpul bareng, bukan waktu untuk belajar. Namun jika hal tersebut bisa dicegah, belajar kelompok akan mempermudah anda untuk memahami apa yang anda pelajari karena bisa saling share dan bertanya bila ada yang belum paham. Ada kalanya siswa yang takut bertanya ketika sedang dikelas, namun dengan adanya belajar kelompok, setidaknya siswa tersebut berani menanyakan hal yang mungkin belum paham kepada teman2nya, begitu juga yang sudah paham. Dengan mencoba untuk menerangkan kembali kepada teman yang belum paham akan membuat apa yang kita sampaikan menjadi lebih paham dan nancap pada otak kita.
4. Pahami bukan Dihafal
Seperti yang gakbasi tadi paparkan diatas menghafal bukanlah metode yang baik untuk digunakan dalam metode belajar anda. Menghafal kuranglah efektif, namun apabila memang perlu untuk Sistem Kejar Semalam, hal tersebut bolehlah sesekali dilakukan dengan metode menghafal.
5. Belajar Rutin tidak perlu lama
Belajar rutin jangan diasumsikan menjadi sesuatu beban yang sangat berat. Belajar rutin tiadklah harus berjam-jam namun bisa dilakukan 30 menit di pagi hari, lalu sore hari dan malam hari. Hal seperti ini akan lebih baik daripada 3 jam belajar secara sekaligus.
6. Niat dan kesadaran untuk belajar
Ketika kita melakukan sesuat tanpa ada niat, hal tersebut tidaklah akan berjalan dengan baik. Begitu juga dengan belajar, tanpa adanya niat dan kesadaran untuk belajar, tidaklah akan menjadi orang yang pandai selamanya. Beda ketika anda meskipun tidak pandai, namun dengan belajar rutin, anda akan lebih pintar dari orang-orang pintar di sekeliling anda.
BELAJAR EFEKTIF
Belajar secara efektif dapat memusatkan konsentrasi pada target pembelajaran agar lebih maximal dan tumbuh semangat untuk belajar untuk memperoleh hasil maximal seperti yang diinginkan. Pada posting kali ini Kolombloggratis.Org akan searching artikel terbaru tentang cara belajar denga efektif untuk memperoleh hasil yang maximal, Penerapan belajar efektif merupakan hal yang harus dilakukan dan dicoba oleh murid, mahasiswa dan pembimbingnya. belajar tidak hanya dilakukan di sekolah, di kampus, di lembaga tetapi juga diulang pembelajarannya di rumah secara individu atau kelompok, belajar secara efektif melakukan waktu yang panjang dan suasana tenang tapi gembira, jangan pernah melakukan belajar dengan terburu waktu karena hal tersebut hasilnya tidak akan maximal dan konsentrasipun terpecah pada hal lain, Berikut penerapan belajar yang efektif yang benar dan tepat,...

Melakukan Belajar Secara Berkelompok
Belajar berkelompok dapat menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan tempatnya di rumah sendiri sehingga lebih santai, tetapi sebaiknya tetap didampingi pembimbing, belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pintar dan rajin belajar agar yang tidak pintar jadi tertular pintarnya. belajar kelompok membahas pelajaran yang belum dipahami, baik yang sudah dijelaskan maupun yang belum dijelaskan,...

Membiasakan Membuat Catatan Penting
Bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di buku kecil yang dapat dibawa kemanapun sehingga dapat dibaca di mana pun tempatnya dan catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan, wajib hindari mencontek, sebaiknya membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang dilakukan telah maksimal?, sesuaikan pencapaian dengan kemampuan, buat rencana belajar diprioritaskan pada mata pelajaran yang kurang dimengerti, Hindari mencontek ketika mengerjakan soal ujian karena mencontek dapat membuat sifat yang kurang baik ( berbohong ), kerjakan soal sebisa mungkin untuk mengetahui kemapuan yang dimiliki,..

Menerapkan Kedisiplinan Dalam Belajar

Apabila telah membuat jadwal belajar maka harus mematuhi dan dijalankan dengan baik dan penuh keikhlasan, lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan wajib lainnya jika waktu belajar belum selesai, sebaiknya kegiatan bermain harus dikurangi agar waktu dalam belajar jadi lebih lama,...

Sering Bertanya Bila Belum Paham
Jika ada hal yang belum dipahami maka tanyakan kepada guru, teman atau pembimbing, jika sering bertanya biasanya akan ingat jawabannya, semakin banyak ditanya maka dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila tidak mengetahui jawaban yang benar bertanyalah pada guru atau pembimbing,...

Sikap Serius Dan Tekun Dalam Belajar
Ketika belajar dengarkan dan catat apa yang dijelaskan, catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan keluar saat ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti, jika sudah merasa memahami dengan pelajaran maka ujilah diri sendiri,...

Jangan Melakukan Berlajar Secara Berlebihan
Pada waktu ujian sudah datang biasanya akan panik sekali. jalan pintas yang sering dilakukan dengan belajar hingga larut malam. sebaiknya belajar yang cukup dan tidur tepat waktu agar kesehatan terjaga,...
,...
Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.

1.
Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci

Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar

Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8.
Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

Cara Belajar Efektif dan Mudah Paham

1. Belajar tanpa Mood
Belajarlah karena kesungguhan kita untuk berubah, jangan belajar hanya dengan berlandaskan mood saja. iya kalau pas nice mood, la kalau pas bad mood kita jadikan alasan untuk kita tidak belajar, saya berani jamin ilmu yang anda pelajari akan sama halnya dengan air yang menetes di lapangan panas, sangat mudah menguap. Jadi jangan pernah belajar berdasarkan mood ya kalau ingin hasil yang memuaskan.
2. Belajarlah di manapun anda suka
Carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi.
3. Jangan belajar terlalu banyak ketika akan ujian
Inilah sebuah doktrin yang saya rasa sangat keliru, "kamu harus belajar sungguh-sungguh, besok ada ujian"..kira-kira teman-teman sudah mendengar ocehan yang seperti itu? Ini adalah kesalahan, sebenarnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merehat otak sekejap, justru pas hari-hari biasalah kita harus sungguh-sungguh. Sistem KS (kebut semalam) sangat merusak cara berpikir kita, karena hanya akan menimbulkan tekanan bukan pengetahuan.
4. Belajar sambil diskusi
Belajar secara kelompok memang dimaksudkan agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham. Sehingga pertukaran ide terus berjalan, yang pintar tidak semakin pintar, begitu pula yang bodoh tidak semakin terperosok. Semua bisa menjadi seimbang.
5. Belajar dengan diiringi musik
Musik memang bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam belajar, namun hal ini tidak selalu terjadi pada setiap orang. Ada beberapa orang yang malah suka keadaan yang hening. Jadi, jika musik bisa membantumu berkonsentrasi, just listen it :)
6. Jangan hanya menghafal
metode menghafal mungkin bisa menyukseskan kita dalam mencari "nilai-yang-baik", namun apakah pengetahuan kita bertambah? tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu betapa indahnya Ilmu Pengetahuan itu. Dalam film 3 idiots, ada sebuah quotes yang sangat mengena: "Dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan"
7. Jangan malu-malu untuk bertanya
Bila kita ada yang belum paham mengenai materi yang diajarkan, cukup dengan acungkan jari dan bertanyalah kepada bapak/ibu guru, jangan malu bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang lambat oleh teman2" sebagai alasan, karena hal yang seperti itu tidak masuk akal!

8. Coba dan Gagal (Trial and Error)
Dalam hidup ini, gagal adalah teman kita juga, jadi jangan pernah menghindar darinya. Kita terjatuh, untuk apa? agar kita tahu bagaimana cara untuk bangun. Kita tidak akan pernah tahu yang benar itu bagaimana jika kita tidak kenal dengan KESALAHAN dulu. Materi yang sesulit apapun, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah memahaminya. Coba terus, gagal sudah biasa.
9. Cintailah mata pelajaran yang anda suka
Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang fisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang tidak bisa, namun karena kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah tiba. You'll be the best, but wait until the time's coming on ^_^
10. Ingatlah tujuan utama kita sekolah
Tujuan utama kita sekolah ialah untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan hanya menerima "Cara Untuk Memperoleh Nilai yang Baik" saja. Nilai tidak akan bisa mencerminkan kualitas seseorang, lihatlah kenyataannya. Tidak masalah kita ada di peringkat berapapun, yang terpenting ialah belajar bukan untuk mencapai kesuksesan..tetapi untuk membesarkan jiwa. ini merupakan Cara Belajar paling Efektif yang terus saya gunakan, karena saya yakin ilmu bukan sebatas CORETAN NILAI, tapi banyaknya kita berbagi kepada sesama.
11. Kunci semua metode belajar
Kuncinya terletak pada kesungguhan kita dalam berdo'a, karena saya masih ingat betul ada yang bilang kecerdasan seseorang 73% dari kesungguhan do'anya, sedangkan 27% dari belajar. Intinya do'a sangatlah penting, sebagai bentuk pasrah kita Kepada Allah. Namun belajar juga sangatlah penting, ingat! Tidak bisa mencapai 100% tanpa ada yang 27% tersebut
Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para orang tua untuk lebih memahami bagaimana cara belajar yang baik dan benar bagi anak-anak kita..
Semoga berhasil…. !!!
jangan lupa untuk membaca artikel lainnya…  ;)

Baca Artikel Lainya

MEMBUAT ANAK ANDA BERPESTASI DI SEKOLAH...!!!

BIMBEL WINA

Melayani Kegiatan Belajar mengajar membuat anak anda berprestasi disekolah serta membuat anak anda masuk perguruuan tinggi negeri di Indonesia

Bergaransi...!!!
Di jamin...!!!

NB: Tempat terbatas
Untuk Info lebih lanjut Hub No

BIMBEL WINAHp: 0822-84826346



6 comments:

  1. Jadi intinya belajar ya,.. Albert einstein itu pinter dimasanya, mungkin udh ada yg lbih pinter di masa sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang pinter koq mas dimasa sekarang, buktinya sudah ada alat-alat elektronik yang sudah hebat...

      Trimakasih sudah berkunjung :D
      cara belajar efektif

      Delete
  2. Bagus nih buat di terapin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan ka, yang penting niat bagus hasil pun maksimal :D
      trimakasih sudah berkunjung :D

      cara belajar efektif

      Delete
  3. Subhanalloh, bagus sekali tips nya yah. Tapi gimana yah menumbuhkan akan untuk minat dalam belajar ? Khususnya ilmu - ilmu eksak tuh... soalnya kendala terbesar itu adalah kesadaran,.....
    Pintar Fisika

    ReplyDelete

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive