Saturday, November 23, 2013

Tips Menulis Artikel

###
Tips Menulis Artikel
Penting bagi kita Untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang baik karena akan mempengaruhi minat pembaca untuk lebih menikmati hasil karya kita. Saya melihat bahwa banyak diantara kita yang masih belum mengetahui poin-poin penting apa saja yag harus dibuat saat kita ingin menulis sebuah artikel, tidak di pungkiri bahwa saya pun masih sering mengalaminya disaat awal-awal saya membuat artikel. Buat anda yang merasa tertarik ingin membuat sebuah artikel tidak ada salahnya ada membaca tips menulis artikel ini, semoga apa yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat buat anda.

Pertama saat kita ingin menulis artikel hal yang harus kita pikirkan adalah:

1.Tema

Tema sebagai pokok persoalan yang akan dibahas, harus dibatasi, fokus pada satu topik paling kecil, jangan terlalu global dan luas cakupannya. Dengan ruang lingkup yang tidak begitu luas ini kita dapat memaksimalkan topik yang akan kita angkat secara maksimal.

Beberapa contoh Tema yang bisa menarik perhatian pembaca adalah:

- Terupdate/ Aktual (hot issue, trending topic, kejadian terkini, terkait peringatan hari besar)

- Isu-isu seksi (menyangkut masalah pejabat publik, perempuan, selebriti, orang yang mendadak tenar, seks seperti video mesum, dll)

- Dekat dengan pembaca (Kejadian dimana kota pembaca membaca, angkat fakta aktifitas di daerah tempa pembaca itu ada, sebisa mungkin dimuat di media sasaran yang akan ditarget)

- Data atau temuan baru yang unik, mengagetkan, ironis, kontroversial (Peningkatan angka dalam rumah tangga, hasil penelitian peningkatan pengguna senjata api, tukang becak yang dapat memberikan sedekah ke panti asuhan, dll)

2.Judul

Judul yang menarik sangat penting. Judul ini Berfungsi menarik minat pembaca agar dilirik, dibaca dan dishare/ dibagikan kepada teman atau saudara. Selanjutnya, tulisan anda mencuri perhatian pembaca agar dibaca. Bisa dibuat sebelum tulisan selesai, tapi harus tetap diedit ulang agar setelah tulisan selesai, judul mencakup isi tulisan. Bisa dibuat setelah tulisan selesai agar lebih mencerminkan isi tulisan. Usahakan sesingkat mungkin, sebaiknya antara tiga sampai empat kata. Untuk sub judul, cukup satu sampai dua kata.

Judul yang mencuri perhatian:

Unik, menarik, menggelitik, menyentil, mengandung unsur ironis, kontradiktif, paradoks, ambigu.Bukan berupa kesimpulan atau memvonis sehingga pembaca merasa cukup membaca judul sudah selesai, tak perlu membaca isi artikel, ini poin yang sangat penting buatlah pembaca merasa penasaran akan sebuah judul aritikel dan bersifat merangkul antara yang pro dan kontra terhadap suatu persoalan

Untuk bisa menghasilkan judul demikian, bisa menggunakan kosa kata yang sedang ngetop atau bahasa gaul anak muda (misal Galau ), cuplikan peribahasa/jargon/tagline/ungkapan, kalimat iklan yang terkenal, guyonan, sentilan, plesetan (misal: DKI=Dono, Kasino, Indro), dll.
Bisa juga dengan menggunakan kosa kata yang berawalan atau berakhiran bunyi sama, misal setiap kata diawali huruf tertentu, atau di akhir setiap kata diakhiri huruf tertentu. Ini juga menarik untuk di gunakan.

Contoh judul yang menurut saya menarik:
Kaya Lewat Google
Mencari Dolar Dengan Bermodal Dengkul
Rahasia Belajar Cepat Menulis Artikel
Panduan Belajar Komputer Kilat
Membuat Website Tanpa Perlu Kuliah
Propaganda Dana Pembuatan E-KTP
Kebobrokan Anak Muda Jaman Sekarang
dan masih banyak lagi, anda dapat mengembangkannya sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

3. Kalimat Pembuka

Alinea pertama sebuah tulisan penting untuk: menarik minat pembaca untuk mambaca agar melanjutkan membaca artikel tersebut sampai tuntas. Kalau alinea pertama saja sudah tidak menarik, alamat tulisan tidak akan dibaca mereka akan mencari bacaan lain yang sekiranya menarik bagi mereka.

Alinea pertama bukan berarti kata pertama saat kita memulai tulisan, karena dalam proses editing, bisa saja alinea pertama justru dibuat pada finishing touch. Ini hanya untuk memberi keleluasaan berpikir dan mencari ide, bagaimana agar kalimat pertama itu memikat. Jadi, jangan buru-buru mengirimkan tulisan jika alinea pertama belum merasa maksimal bagusnya.

Alinea pertama bisa dibuka dengan:
Kutipan menarik dari tokoh,peribahasa, jargon, tagline, dll.
Misal:  "Penyebaran dokter spesialis penyakit dalam di Indonesia belum merata dan masih jauh dari kebutuhan ideal.
"Ungkapan tahta, harta dan wanita terbukti sakti menjadi bahan bakar korupsi"

Kisah menggelitik, humanis,dramatis:
Misal: ¨Ketika di Indonesia korupsi penjabat terus berlangsung kian masif, kini ramailah kasus kawin kilat Bupati Garut, Jawabarat, Aceng HM Fikri

Kesimpulan logis penulis:
Misal: Pertanyaanya, dengan IPS di sederhanakan, siapkah anak-anak kita hidup ditengah masyarakat yang sarat otoritarianisme birokrat, korupsi dan fundamentalisme agama?

Fakta terbaru/aktual, miris, ironis:
Misal: Selaput dara perempuan di negeri ini ternyata bisa mengubah cepat nasib perempuan. Pekan ini publik kita diguncang oleh pemberitaan mengenai Bupati Garut Aceng Fikri yang mempersoalkan keutuhan selaput dara mantan istrinya yang hanya dinikahi selama 4 hari.

Tips menulis artikel ini semoga bisa bermanfaat buat anda, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive