Sunday, November 24, 2013

Tips Membuat Artikel Menarik Untuk Dibaca

###
http://tips-tips-belajar.blogspot.com/2013/11/mendapatkan-ide-brilian-saat-menulis.html

Tips membuat artikel menarik untuk dibaca

Di saat anda menulis, walau sedikit, akan membuat hati anda merasa lebih tenang dan riang. Dari pada anda sekedar mengobrol atau mengeluh kepada sesama. Menulis, dapat menyalurkan emosi, kadang menjadi inspirasi, karena ada sebuah persepsi dan tujuan sehingga kita dapat menyalurkan ide pribadi kita yang ada di dalam pikiran kita dan menuangkan ide-ide walaupun ide gila yang tidak masuk akal.
Menulis itu sungguh menyenangkan hanya sebuah asumsi bahwa kegiatan ini adalah suatu penjabaran apa yang ada dalam pikiran kita di komplain pun tidak menjadi masalah karena ini adalah ide yang hanya sekedar kita keluarkan.
Menulis, bagi sebagian orang berkata sangat sulit menulis, padahal menurut saya hanya tinggal dituangkan apa yang ada dalam pikiran kita,lain hal jika kita ingin membuat suatu artikel untuk pengetahuan. Dan sebagian lagi dari anda pun berkata sangat mudah menulis, mungkin karrna sudah terbiasa.
Buat saya, menulis adalah suatu seni dan menjadikan saya untuk lebih banyak belajar karena sebelumnya telah membaca. Juga menjadikan lebih bijak karna mencoba untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang bukan hanya aku dan aku saja. Dan lebih bahagia, jika kemudian ada yang terinspirasi atau termotivasi serta bermanfaat bagi yang membaca tulisan saya.

Dan buat anda yang tertarik ingin menulis sebuah arikel, saya akan memberikan beberapa tips semoga bermanfaat.

1. Perhatikan saat anda menulis sebuah artikel, ketika anda menulis usahakan tulisan anda buat dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Mungkin anda perlu sedikit lebih rutin menulis agar anda terbiasa. Setiap kata yang anda tulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.

2. Pada saat anda menulis biasakan anda jangan melakukannya sambil mengedit, agar supaya apa yang anda pikirkan dapat tertuang secara terus menerus

3. Memiliki paragraf sangat penting karena dapat mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan anda tuangkan dalam setiap paragraf. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan anda.

4. Anda perlu menulis dengan sedikit lebih spesifik berdasarkan judul yang telah anda buat. layaknya diskusi yang mengambang jauh dari topik membuat orang menjadi risih begitu pula tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kurang nyaman.

5. Menulis dengan bahasa yang komunikatif dengan pembaca juga sangat perlu. Usahakan tulisan tidak sekedar text book, yang hanya berisi bacaan 1 arah. Buatlah tulisan seakan-akan anda sedang berhadapan dengan pembaca.

6.  Dengan informasi utama yang jelas saat menulis. Hal ini akan membuat tulisan anda lebih dapat dipercaya. lengkapi keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya yang mungkin dianggap perlu.

7. menunjukan suatu integritas anda dengan menulis yang jujur. menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.

Artikel ini semoga bermanfaat buat anda yang ingin menjadi penulis
saran dan kritik anda sangat membantu saya untuk mengembangkan artikel ini kedepan
ada dapat meninggalkan pesan komentar dibawah.

artikel lain : Mendapatkan Ide Brilian Saat Menulis

3 comments:

  1. membangun sekali artikelnya pak :) sukses selalu
    jangan lupa komentar dan follow back :D Agency Of Flame

    ReplyDelete

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive