Tuesday, November 5, 2013

Tips Belajar Efektif Membaca Dengan Benar

###
Tips belajar efektif membaca dengan benar. Pada artikel ini saya akan merangkumkan bagaimana tips belajar membaca efektif. Biasanya pada saat anda belajar pada tingkat pendidikan SMA maupun perguruan tinggi, anda diharapkan dapat untuk dapat membaca dan mengerti informasi yang bersifat kompleks. Dengan seperti ini, anda dapat melakukan penelitian, menjawab soal-soal ujian, menulis essai dan laporan penelitian, maupun berpartisipasi dalam diskusi didalam kelas anda. Sebuah teknik tips belajar efektif cara membaca dibawah ini semoga bisa membantu anda untuk memahami bahan bacaan anda secara lebih baik. Anda perlu mempraktekan dan melatih teknik ini, hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda karena anda akan dapat mengingat infomasi dalam waktu yang lebih lama.

Pertama kali yang anda harus lakukan sebelum anda membaca adalah mensurvei. Biasakan anda harus melihat sekilas dari seluruh bagian dari bagian bacaan yang meliputi: Judul, Sub Judul keterangan gambar, paragraf pembuka dan penutup. Bagian-bagian tersebut akan sangat membantu anda untuk dapat mengaktifkan kembali semua informasi yang relevan di dalam memori ingatan anda yang berkaitan dengan topik apa yang akan hendak kamu baca. Lalu setelah anda mensurveinya tips membaca yang baik selanjutnya adalah anda membuat pertanyaan. Buatlah sebanyak mungkin pertanyaan dari judul, sug judul, paragraf pembuka dan penutup. Gunakan beberapa kata tanya misalkan "apa", "bagaimana", "kapan", "dimana", dan "mengapa" untuk merubah informasi yang anda miliki menjadi sebuah prtanyaan. Tips belajar membaca efektif selajutnya adalah membaca. Sambil membaca bahan bacaan, ingatlah pertanyaan yang telah anda buat sebelumnya. Carilah kata-kata kunci, argumen, atau preposisi dari setiap paragraf yang anda
baca. Bertanyalah pada diri anda pesan utama dari setiap paragraf lalu anda dapat menyimpulkannya sendiri.
Menyebutkan kembali informasi yang telah anda baca juga akan membantu anda menyimpan informasi tersebut untuk digunakan dimasa yang akan datang. Hal yang anda perlu lakukan pertama kali adalah anda dapat membuat sebuah ringkasan dari materi bacaan anda. Ringkasan ada harus singkat, namun anda harus menuliskan pokok-pokok apa saja yang penting yang ingin disampaikan penulis.

Anda juga dapat membaca ringkasan anda keras-keras agar dapat membuat anda lebih bersemangat, anda juga dapat meminta teman anda untuk membacakan ringkasan anda. Cara mengulang-ulang informasi seperti itu dan mendengarkannya dari orang lain adalah cara efektif belajar untuk mengingat informasi.
Tahap terakhir dari tips belajar efektif membaca selanjutnya adalah meninjau kembali semua informasi yang telah anda baca.
Baca : cara mengajari anak membaca

Beberapa tips untuk membaca efektif 
Meluangkan waktu untuk mensurvei terhadap bacaan yang akan anda baca.
Buat pertanyaan dari Judul, Sub Judul, dan tulisan-tulisan yang biasa terdapat dibawah gambar.
Menjawab semua pertanyaan setelah anda membaca seluruh bahan bacaan dengan tuntas.
Buat ringkasan menggunakan kata-kata kunci.
Membaca ringkasan dengan keras-keras.
Buat pemetaan konsep agar anda dapat mengulang informasi yang telah anda baca.

Mau anak anda mendapatkan ranking Kelas...!!!
Untuk orang Tua yang ingin anaknya berprestasi kami membuka bimbingan belajar untuk Tingkat SD - SMP - SMA sampai Perguruan tinggi negeri
Jika anda berminat dapat anda menghubungi BIMBEL WINA
HP: 0822 - 8482 - 6346

DI JAMIN....!!!

Baca Artikel Lainya:


0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive