Monday, November 25, 2013

Pengaruh Kepercayaan Diri Dalam Menulis

###
Cara meningktkan diri dalam menulis
Meningkatkan kepercayaan diri dalam menulis
Kepercayaan diri adalah salah satu faktor yang menentukan apakah Anda menulis secara bebas, terbuka, dalam, serta jelas seperti yang Anda inginkan atau sama sekali tidak menulis.

Bila sebagai penulis Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah, maka pandangan Anda tentang tulisan Anda akan menjadi menyimpang. Anda menjadi sangat kritis, setiap kata atau frasa yang Anda pikir tidak terungkapkan dengan sempurna akan anda buang sebagai sesuatu yang tidak berguna. Segera setelah itu, kepercayaan diri anda dalam menulis segala sesuatu yang bernilai -- yang sudah rapuh -- menjadi serapuh vas kristal yang indah. Bergeser sedikit saja, vas itu bisa jatuh ke lantai dan berserakan menjadi pecahan yang berkepin- keping ....

Meningkatnya kepercayaan diri anda dalam menulis sangatlah jelas dan hasilnya tidak hanya menyentuh tulisan itu sendiri.
Disaat anda lebih percaya diri, anda menjadi lebih kreatif, ketika anda lebih kreatif, anda lebih bahagia, lebih tenang, dan lebih produktif.
Jadi, bagaimana caranya anda dapat meningkatkan kepercayaan diri anda dalam menulis kreatif ketika rasanya sangat tidak mungkin untuk Anda lakukan?


Berikut lima tips utamanya


1. Yang anda lakukan adalah memikirkan kembali saat anda menulis karya-karya bebas

Saat-saat itu mungkin berlangsung selama berbulan-bulan atau beberapa menit, ikutilah apa yang muncul dalam pikiran Anda sebagai suatu kenangan yang kuat. Bawalah diri Anda kembali ke masa-masa itu dan lihatlah diri Anda sendiri sedang menulis. Seraplah setiap detail dari apa yang Anda lihat. Apa yang sedang terjadi di sekitar Anda, apa yang bisa Anda lihat, dengar, dan rasakan, yang membuat tulisan Anda mudah dan mengalir? Tulislah semuanya itu, kemudian rencanakan bagaimana Anda dapat menangkap kembali elemen-elemen itu.

2.  Mengumpulkan semua bukti.

Ketika kepercayaan diri anda rendah, mudah sekali untuk percaya bahwa anda tidak pernah menulis sesuatu yang bernilai atau menarik. Tetapi jauh di dalam hati, anda tahu bahwa bukan itu masalahnya. Inilah saatnya untuk mengumpulkan beberapa bukti untuk mendukungnya. Lihatlah kembali beberapa karya anda yang lalu yang paling anda banggakan. Tak lama kemudian, maka anda akan menyadari betapa banyak anda telah menulis dan betapa senangnya anda melihat karya-karya hasil anda.

3. Tulislah tanpa mengharapkan Sesuatu

Mungkin, ketika kepercayaan diri Anda rendah, harapan-harapan anda meningkat dan anda merasa setiap hal yang anda tulis harus menjadi suatu karya sastra yang agung. Hilangkan tekanan, menulislah untuk suatu kesenangan, dan lihatlah ke mana tulisan itu membawa anda. Jangan melihat "produk" jadinya, menulislah untuk menikmati petualangannya. Sesuatu yang mungkin tidak anda pikirkan.

4. Tulislah sesuatu yang berbeda dari biasanya

Bila sesuatu hal tidak berjalan sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka anda perlu adanya suatu  perubahan dan ini harus dilakukan. Cobalah menulis sesuatu yang benar-benar berbeda dari apa yang akhir-akhir ini anda kerjakan, mungkin sesuatu yang berbeda dari apapun yang pernah anda tulis sebelumnya. Karena anda tidak terpatok oleh standar tulisan anda yang terdahulu, maka anda akan dapat menulis lebih bebas dan lebih percaya diri.

5. Mulailah dengan hal kecil kemudian anda kembangkan

Bila kepercayaan diri anda mulai goyah, hal terakhir yang perlu anda coba adalah menulis suatu novel yang trend untuk menyaingi segala tulisan-tulisan lain pada abad terakhir ini. Mulailah dengan hal kecil, tujuannya hanya agar anda menulis sekreatif mungkin selama 10 menit setiap hari selama 30 hari. Setiap hari, anda bisa meneruskan tulisan anda sebelumnya, atau mulai menulis sesuatu yang lain. Yang penting adalah mempertahankan kebiasaan menulis setiap hari tersebut, yang akan membantu anda untuk terus membangun kepercayaan diri anda.
Gunakan salah satu teknik ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam menulis.

Ketika Anda melihat beberapa efek positif yang anda alami, terapkanlah teknik lain dan lihatlah apa dampaknya. Dalam beberapa hari, Anda akan melihat bagaimana kepercayaan diri anda dalam menulis mulai kembali lagi. Baca artikel lainya jika anda tertarik
Mendapatkan Ide Brilian Saat Menulis
Tips Menulis Artikel

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive