Saturday, November 23, 2013

Mendapatkan Ide Brilian Saat Menulis

###

Kehabisan ide saat menulis??

Menulis bagi kebanyakan orang adalah aktifitas yang sangat menjenuhkan karena mereka berpikir bahwa menulis itu sangat sulit dilakukan
Namun kenyataannya menulis itu mudah. Semudah membalikkan telapak tangan kita. Jika kita terus komitmen membiasakan diri untuk terus menulis. Tak mesti di dunia maya, yang penting bisa terlihat oleh mata, minimal mata kita sendiri.
Karena kemampuan menulis adalah jam terbang, buatlah diri anda senang. Saat merangkai kata mengurai makna.
Dari setiap tulisan yang anda tulis sebaiknya menginspirasi pembaca, dengan itu dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Mulailah menulis dan menginspirasi dunia. Tidak harus langsung sempurna, karena istana yg megah tidak dibangun dalam satu malam.
Nikmati saja prosesnya, terima komentarnya, ambil pelajarannya, dan kembangkan tulisannya.

Untuk menjadi penulis yang baik, tentunya banyak yang mengharuskan kita untuk berlatih dan bekerja keras semaksimal mungkin agar apa yang kita hasilkan pun maksimal. Tak ada sesuatu yang singkat, semua butuh proses. Kegiatan menulis ini bagi saya sangat menyenangkan. Dalam beberapa Tahun ini saya mulai menyalurkan hoby saya ini dan say apun mulai menulis di blog pribadi saya , dan bagi anda yang sudah mahir menulis anda juga dapat  mengirim artikel ke media massa, atau bahkan dengan hanya membuat catatan harian. Yang penting hal tersebut dilakukan secara konsisten. Saya tertarik membuat artikel ini bagi anda yang ingin terjun dalam dunia menulis.
Namun ada kalanya kita mengalami kejenuhan saat ingin menulis artikel yang kadang membuat kita kehilangan akal untuk menuangkan tulisan ide kita. Beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda ketika anda mendapati kondisi anda seperti hal tersebut.

1. Jalan-Jalan

Kebuntuan itu biasanya datang disaat  suasana yang sudah begitu jenuh  Nah biar anda tidak merasa jenuh, salah satu hal yang paling gampang tapi efektif buat dilakuin itu adalah jalan-jalan. Dan jalan-jalannya tidak perlu repot, bisa saja anda jalan keliling ruangan anda putar-putar seperti orang bingung. Tapi yang paling menyenangkan adalah saat anda jalan-jalan keluar mencari angin segar, mengganti suasana. Dan di saat anda  sedang jalan-jalan kadang melihat sesuatu yang menarik, dan akhirnya dapat anda jadikan bahan tulisan.

2. Banyak Baca

Buku adalah jendela dunia. Namun  dijaman sekarang ini, tidak hanya buku yang bisa disebut sebagai jendela dunia. Banyak sekali bahan bacaan jaman sekarang yang bisa dijadiin inspirasi, dari koran, majalah, iklan, sms, bbm, bahkan tweet temen pun bisa dijadikan bahan artikel jika memang menarik, dan anda dapat kreatif mengembangkannya.

3. Melamun

Anda juga dapat melakukan suatu aktifitas yang sangat tidak masuk akal, misalkan jika anda kehabisan ide karena otak sudah terlalu lelah bekerja. Sudah kebanyakan yang dipikirin yang seharusnya tidak perlu dipikirkan. Perumpaaan jika komputer anda, memory-nya sudah banyak dijalankan buat jalanin aplikasi. Sekarang anda dapat mencoba mengosongkan semua pikiran itu, dan melamun saja. Kosongkan pikiran anda dan biasanya ide muncul sendiri. Tapi jangan terlalu lama melamunnya, kalo kesurupan gak mau tanggung jawab ya. :D

Beberapa tips mendapatkan ide saat menulis diatas semoga bemanfaat bagi anda anda juga dapat membaca artikel lainya.

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive