Saturday, November 23, 2013

Melatih Sudut Pandang Menulis Artikel

###
Melatih sudut pandang saat menulis artikel
Pada artikel ini saya akan sedikit menjelaskan arti sudut pandang dalam menulis artikel. Bagi anda yang ingin menjadi seorang penulis sedikit saya jabarkan tentang pengetahuan saya dalam dunia postingan pada blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Saya teringat ketika masih hobby melakukan fotografi bersama rekan-rekan saya sewaktu kuliah. Bagaimana kita akan merasa bangga akan sebuah hasil saat kita dapat mengabadikan suatu moment dengan kualitas foto/gambar yang baik. Namun untuk menghasilkan kualitas foto/gambar yang baik kita juga harus dapat mengerti cara pengambilan gambar agar hasil yang di ciptakan bagus atau indah.
Disaat kita akan memfoto objek,hasil foto akan kelihatan bagus saat kita dapat memfoto obyek dengan sudut pandang yang baik pula , penulis juga harus membiasakan diri mencari sudut pandang alias angel tulisan. Sudut pandang yang sedikit berbeda, memberikan nilai tambah sebuah tulisan. Karena sebuah objek tulisan tidak hanya bisa dipandang dari depan, penulis dapat mengeksplorasi dari berbagai arah. Depan, belakang, atas, bawah, kiri, kanan, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, atau kiri bawah. Pokoknya bisa dilihat dari segala arah.

Pentingnya sudut pandang dalam sebuah tulisan, membantu agar tidak meluasnya suatu pembahasan. Agar alurnyapun tidak melebar dan energi yang kita keluarkan lebih maksimal. Hasilnya tentu lebih optimal. Tak perlu tergoda untuk membahas sebuah objek seperti kebanyakan. Fokuslah pada satu titik yang menurut kita bisa dieksplorasi lebih dalam. Bagian sebagian orang mungkin tidak penting. Atau malah tidak terpikirkan bisa menjadi bahan tulisan. Kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah untaian kalimat bertabur ilmu dan pengetahuan.

Ambil contoh objek tulisan dari sebuah tumpukan sampah. Sudut pandang tulisan banyak terpancing untuk memvonis tumpukan sampah sebagai sumber masalah. Ya memang benar dan kita berharap pemerintah bisa kasih solusi untuk menyelesaikannya. Namun dari sudut pandang yang berbeda, ternyata tumpukan sampah bisa jadi berkah sehingga melahirkan judul tulisan "Menghasilkan uang tanpa Modal besar". Penulis bisa mengeksplorasi peluang usaha dari sampah yang banyak digeluti oleh para pemulung dan juragan barang bekas.

Untuk mengasah kepekaan sudut pandang, penulis bisa membiasakan diri untuk lebih mengetahui dan lebih memahami. Keadaan sekitar tak sekedar pelengkap pemandangan sehari-hari. Tapi juga objek menarik untuk dilirik sebagai bahan tulisan. Layaknya seorang peneliti, setiap objek selalu menarik hati. Mulailah peduli terhadap setiap kondisi. Niscaya bahan untuk mengasah sudut pandang akan berlimpah.
Selamat mengexplorasi sudut pandang kita teman, semoga apa yang ingin kita hasilkan mendapatkan hasil yang maksimal
jangan lupa untuk membaca artikel lainya.
Tips Menulis Artikel

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive