Sunday, November 3, 2013

Belajar Efektif Membuat Laporan

###

Belajar Efektif Membuat Laporan

Tips belajar menulis laporan. Disaat kita sedang menghadapi tugas membuat laporan, biasanya kita akan mengalami bagaimana cara membuatnya. Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara sederhana bagaimana anda dapat belajar efektif  cara membuat laporan. Ada sebuah teknik untuk membuat laporan yang baik. Membuat laporan yang baik merupakan hasil dari satu penelitian yang cermat, fakta yang dapat dipercaya, analisa yang kuat serta kesimpulan dan rekomendasi yang sangat berarti

Penelitian yang cermat berarti anda harus mengumpulkan materi dari berbagai sumber sampai anda begitu merasa sangat yakin bahwa seluruh informasi yang anda dapatkan bersifat akurat, terbaru, dan dapat mencakup beberapa pandangan alternatif mengenai topik yang sedang anda teliti hal terpenting dalam. Pastikan juga bahwa semua penelitian anda ini memiliki data yang relevan yang dapat dipercaya sebagai landasan membuat laporan. ini adalah tips belajar efektif yang dapat anda lakukan.

Setelah anda melakukan penelitian, tips belajar efektif selanjutnya anda harus dapat menganalisa informasi yang telah anda dapatkan. Dalam hal ini anda harus memahami ide-ide yang harus anda sampaikan dalam informasi tersebut serta anda harus dapat membandingkan seluruh informasi yang anda kumpulkan untuk melihat dimana letak persamaannya dan perbedaannya. Hal terpenting dalam penelitian juga untuk melihat bagaimana sebuah teori terbentuk atau digunakan setelah informasi itu didapatkan.
Pada akhirnya, sebuah laporan yang baik akan menghasilkan kesimpulan yang tepat dan akan memberikan rekomendasi hal yang berguna. Laporan yang baik akan membahas suatu perdebatan atau isu yang tengah berlangsung  dan mungkin akan memberikan masukan baru atas topik yang telah anda teliti tesebut.

Anda dapat mengikuti beberapa langkah-langkah dalam pembuatan laporan. Coba anda ikuti saran-saran sederhana yang dapat membantu proses penyusunan laporan anda:

1. Disaat anda memilih topik sebuah laporan, pilihlah topik yang menarik minat anda. Minat yang kuat sangat berperan penting dalam mempertahankan motifasi anda selama anda menjalankan proses penelitian maupun menulis laporan.

2. Memilih topik sebuah laporan yang tidak terlalu sempit maupun luas juga perlu anda pertimbangkan.
Contoh topik yang kurang relevan "Peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia di saat ini" mungkin judul tesebut terlalu luas untuk di teliti.
Untuk mempersempit tipik tersebut buatlah sebuah kalimat tanya misalnya, "Apa", "mengapa", "kapan", "bagaimana" atau "siapa".
Dengan penambahan kalimat tanya tersebut, maka topik diatas dapat di persempit menjadi "Bagaimanakah Cara Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Indonesia di saat ini".
Sekarang ubahlah kalimat tanya tersebut menjadi sebuah pernyataan yaitu "Cara Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Indonesia di saat ini".
Pernyataan itulah yang akan menjadi topik penelitian anda.
ini adalah sedikit tips belajar efektif cara membuat laporan
Untuk artikel selanjutnnya tentang cara membuat laporan anda dapat membaca artikel Belajar membuat laporan 2 dan Belajar membuat laporan 3 cara membuat laporan ini sekiranya dapat membantu anda untuk membuat laporan secara lengkap .

Mau anak anda mendapatkan ranking Kelas...!!!
Untuk orang Tua yang ingin anaknya berprestasi kami membuka bimbingan belajar untuk Tingkat SD - SMP - SMA sampai Perguruan tinggi negeri
Jika anda berminat dapat anda menghubungi BIMBEL WINA

HP: 0822 - 8482 - 6346


DI JAMIN....!!!

Baca Artikel Lainya

5 comments:

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive