Sunday, November 3, 2013

Belajar Efektif Membuat laporan 3

###

Setelah anda membaca artikel tentang bagaimana cara Belajar membuat laporan ke 2, anda dapat melanjutkan tips belajar cara membuat laporan ke 3.
Ini adalah Artikel terakhir bagaimana cara membuat laporan. Sebelumnya telah diuraikan beberapa cara membuat laporan yang baik jika anda belum membacanya anda dapat menbacanya pada artikel cara membuat laporan 2.

Untuk pembahasan artikel ini, ini adalah bagian penutup dalam pembuatan laporan anda
Yang pertama pada pembuatan laporan anda, Pastikan bahwa anda menyertakan argumen anda dalam laporan penelitian ini (misalkan Sumber Daya Manusia Indonesia di mata dunia) kemudian, jangan lupa anda menyertakan informasi pendukung agar argumen anda tersebut dapat dipercaya.
informasi tersebut dapat berupa data statistik, contoh, teori, dan/atau penilaian dari seorang ahli dibidangnya.

Setelah menganalisa dan membandingkan data yang terkumpul dengan informasi yang telah anda peroleh dalam laporan anda, anda harus perlu menyimpulkan hasil penelitian anda. Kesimpulan anda perlu anda jelaskan hasil dari hasil peenelitian itu sendiri dan apakah data yang terkumpul dapat mendukung argumenmu. Anda juga dapat membuat rekomendasi. Misalnya, jika anda memiliki data bahwa setiap orang cenderung memiliki daya ingatan yang kuat dengan mendengarkan musik klasik saat bayi, maka anda dapat menyarankan bahwa informasi tersebut dapat digunakan untuk oleh para orang tua saat mereka mempunyai bayi. Contoh membuat laporan.

Pastikan pula bahwa semua sumber yang telah kamu dapatka anda cantumkan dalam laporan disertakan sebuah daftar pustaka. Rujukan yang anda buat harus disusun berdasarkan urutan alfabetis dan format rujukan harus konsisten dan akurat. Anda dapat membaca berbagai contoh cara membuat daftar pustaka di Google. Setelah itu siapkan daftar isi, anda harus siapkan sebuah daftar isi dan halaman depan dari hasil laporan penelitian anda yang menyatakan secara judul, nama anda serta menyertakan semua bagian dan bab laporan anda.

Selesai membuat laporan sekarang anda waktunya memeriksa hasil akhir laporan anda.
Pastikan laporan anda sudah selesai, pastikan dan coba anda menbaca pertanyaan di bawah ini:
1. Apakah saya sudah membuat halaman depan laporan lengkap dengan nama dan identitas saya secara jelas?
2. Apakah saya sudah menyertakan daftar isi laporan beserta halamannya dengan tepat?
3. Apakah saya sudah mencantumkan halaman dengan benar?
4. apakah saya sudah menjawab pertanyaan dengan tepat dan memberikan data yang akurat untuk mendukung argumen saya?
5. Apakah daftar pustaka yang saya buat sudah menyertakan seluruh sumber informasinya dengan benar?
6. Aakah saya sudah memperbanyak laporan sebagairujukan ketika dibutuhkan dimasa yang akan datang?
pertanyaan diatas adalah beberapa saran saya ketika anda selesai mengerjaka laporan anda.

Tips belajar membuat laporan :
Laporan yang baik adalah berasal dari
Minat anda terhadap topik penelitian
Pilihan topik yang jelas dan spesifik
Rujukan pada sumber yang tepat jelas dan relevan
Anda harus dapat menganalisa secara kritis dari informasi yang telah anda kumpulkan
Kerangka laporan yang terstruktur
Argumen yang didukung dengan informasi yang relevan
Rekomendasi serta kesimpulan yang akurat dan mendukung
Dafrtar pustaka dan daftar isi yang tepat

Baca Artikel Lainya

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive