Sunday, November 3, 2013

Belajar Efektif Membuat laporan 2

###

Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya, jika anda belum membaca artikel sebelumnya tentang belajar efektif cara membuat laporan dapat anda pada artikel cara membuat laporan. Pada bahasan sebelumnya telah dijabarkan poin pertama dan kedua bagaimana anda dapat menghasilkan sebuah laporan yang baik.
pada artikel ini saya juga akan memberikan tips belajar bagaimana cara membuat laporan yang baik.
1. Minat
2. Memilih topik
3. Menentukan sumber informasi anda. Setelah anda menentukan topik dalam penelitian anda, anda memerlukan informasi yang dapat mendukung mengenai topik anda tersebut.
Dengan melihat contoh sebelumnya, anda membutuhkan informasi dan teori mengenai definisi sumber daya manusia, pola pokir, tipe-tipe idividunya, beserta latar belakang sejarahnya.
Anda bisa mendapatkannya di perpustakaan, internet atau lakukan wawancara dengan orang yang ahli guna mendapatkan informasi yang aktual dalam hal-hal tersebut.

4. Ketika kita ingin melakukan penelitian, pilihlah metode penelitian yang sangat cocok dengan tipe penelitian anda guna mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

Penelitian dapat bersifat kualitatif maupaun kuantitatif. Data yang anda dapatkan yang bersifat kualitatif ini dapat berupa hasil wawancara, studi kasus, dan diskusi kelompok serta menyangkut segala aspek kehidupan meliputi sosial,politik, kebudayaan, dan ekonomi.
Sementara data yang anda dapatkan pada penelitian kuantitatif berupa data yang anda kumpulkan melalui metode statistik maupun grafik. Kesimpulannya dapat ditarik dari data-data yang telah anda siapkan dan analisa.

5. Setelah informasi dan data yang anda butuhkan telah terkumpul, sekarang anda mulailah menganalisa data yang kamu miliki. Pergunakanlah pikiran kritismua untuk mempertanyakan teori yang dipergunakan atau anda dapat membandingkannya beberapa informasi yang anda dapatkan dengan data yang telah dilumpulkan.
Jangan bergantung pada satu atau dua sumber informasi. Cobalah anda harus mencari pandangan alternatif lain atau pendapat yang berbeda untuk melihat kesenjangan antara teori, informasi, dan data yang ada.

6. Guna mendapatkan laporan anda terstruktur dan terarah maka anda harus mempunyai rencana atau kerangka sebuah laporan.
Buatlah kerangka laporan sebelum anda menulis karena dengan membuat kerangka laporan anda akan sangat membantu anda untuk memastikan bahwa laporan anda baik.
Pastikan anda menyertakan bagian pembukaan, isi, dan kesimpulan pada penelitianmu. Sertakan judul dan sub bab judul untuk menstrukturkan informasi dan argumen anda.
Setelah itu mulailah anda menulis laporan dengan menggunakan kerangka laporan yang telah disusun.
Jangan lupa anda unuk membuat rujukan yang tepat saat anda mengutip pendapat orang lain.
Ketika rancangan tulisan anda anda tidak sempurna, anda bisa memeriksanya dan mengubahnya kembali setelai menyelesaikan seluruh bagiannya. Tips belajar efektif cara membuat laporan diatas semoga akan membantu anda dalam membuat laporan anda
Tips belajar cara membuat laporan . selanjutnya dapat anda baca pada artikel cara membuat laporan 3

Baca Artikel Lainya




0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive