Wednesday, November 6, 2013

Belajar Efektif Membuat Catatan

###
Tips belajar menulis efektif. Artikel ini akan membahas bagaimana kita cara menulis efektif yang baik. Bagi saya menjaga kerapian catatan disaat kita menulis materi akan sangat mebantu untuk mencari informasi yang saya butuhkan sehingg saya dapat mengerjakan tugas tugas yang diberikan dosen saya atau saat saya akan menghadapi ujian secara efektif. Kebiasa orang saat menulis, biasanya mereka membiarkan catatannya tercecer dimana-mana. Hal ini akan membuat mereka kesulitan ketika akan mencari informasi yang dibutuhkan karena tidak mengerti isi catatannya. Sering dari sebagian teman-teman saya bahkan ketika ingin kembali melihat catatan mereka, mereka tidak dapat mengerti,mungkin karena catatan mereka terlalu detai, samar-samar, atau kurang lengkap.
Beberapa tips menulis catatan yang mungkin bisa membantu anda.

Disaat anda mencatat, coba anda gunakan judul untuk setiap tulisan yang akan anda buat. Judul-judul tersebut dapat anda ambil berdasarkan kata-kata kunci dari bahan bacaan atau disaat anda berdiskusi dengan teman anda di kelas. Anda dapat membuat margin disamping halaman catatanmu dan tambahkan judul-judul pada margin catatan anda. Anda juga dapat melihat judul catatan anda kembali dan anda pun dapat menambahkan atau pun kembali merubahnya.
Disaat anda selesai membuat catatan, perhatikan catatan anda kembali cobalah susun kembali dengan rapi. Alokasikan topik-topik catatan anda di bagian terpisah, anda juga dapat memberikan warna untuk informasi yang penting, tandai setiap bagian catatan anda dengan potongan kertas berwarna-warni sehingga anda dapat menemukannya dengan mudah. Anda juga dapat menyusun catatan anda berdasarkan topik tertentu, hubungan sebab akibat, maupun hubungan masa lalu kemasa kini. Jangan lupa anda juga dapat menanambahkan tanggal pada catatan anda sehingga anda dapat mengunakannya dengan mudah untuk mengetahui apakah catatan tersebut baru atau sudah lama.

Disaat anda mencatat pada saat guru menjelaskan, anda harus dapat memperhatikannya dengan seksama dan perhatikan hal-hal yang pendukung yang bersifat visual seperti diagram, bagan, atau lembar persentasi.
Anda juga dapat menggunakan simbol atau singkatan dalam mencatat. Selain untuk menghemat waktu, catatan anda pun tidak terlalu panjang dan mendetail. Tips belajar yang bermanfaat buat anda.
Anda juga dapat menambahkan beberapa pikiran anda sendiri dalam catatan anda. Tips ini akan membuat catatan anda lebih bersifat personal, sehingga dapat disimpan lebih lama dalam ingatan anda. Tetapi anda harus mengingat dalam membedakan pikiran anda sendiri dan fakta jika prlu anda dapat membedakannya dengan menggunakan warna yang berbeda atau tambahkan tanda lain disamping ide dan pikiran anda sendiri.
Beberapa tips membuat catatan ini semoga dapat bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive