Saturday, November 2, 2013

Belajar Efektif Dengan Menghafal

###
Tips belajar selanjutnya adalah menghafal. Dalam kegiatan belajar, menghafal sangat berperan penting dalam membantu anda dalam belajar. Ini adalah salah satu teknik belajar efektif. Semua informasi  yang telah anda dapatkan selama belajar disimpan didalam pikiran anda dan akan digunakan untuk menganalisa informasi baru dan anda pun dapat mengambil kesimpulan tentang hal-hal di sekitar anda. Kegiatan menghafal juga sangat berperan penting dalam menghadapi ujian. Beberapa teknik menghafal yang sederhana di bawah ini akan membantu anda dalam menghafal informasi dengan lebih mudah dan efesien.

Teknik sederhana yang dapat anda lakukan dalam belajar efektif adalah membuat Akronim. Maksudnya adalah teknik salah satu cara menghafal informasi dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata kemudian digunakan untuk membentuk sebuah akronim. Semakin akrab dengan akronimnya, semakin anda mudah mengingatnya. Perhatikan contoh dibawah  ini untuk melihat bagaimana teknik akronim ini di pergunakan.

-Ambil huruf pertama dari setiap kata didalam sebuah daftar yang telah tersedia. Susunlah huruf-huruf tersebut sehingga akan membentuk kata yang dapat diingat dengan mudah. Contoh: Ambil huruf pertama dari nama-nama binatang: Anjing, Beruang, Gajah. Anda perhatikan huruf pertama dari nama-nama binatang tersebut yaitu "A", "B", "G". Dengan huruf-huruf tersebut dapat anda mengulangnya menjadi sebuah kata yang lebih mudah anda ingat yaitu ABG. Kata akronim tersebut tidak dapat berarti apapun jika anda tidak membacanya secara terus menerus, namun jika anda membacanya secara berulang-ulang dengan sungguh-sungguh hal ini akan sangat mudah mengingatnya. Contoh tips belajar pertama

Tips belajar menghafal selanjutnya. Yang kedua teknik menghapal yang baik adalah dengan teknik pemetaan. Konsep teknik pemetaan akan sangat membantu anda untuk menyimpan berbagai informasi yang lebih kompleks untuk penggunaan jangka panjang. Biasanya penggunaan teknik ini anda diharuskan membuat diagram visual dari sebuah argumen atau ide dari sebuah penelitian atau informasi yang hendak anda ingat. Untuk membuat pemetaan konsep dari sebuah artikel penelitian, coba anda perhatikan langkah-langkah berikut ini. Langkah belajar efektif

-Sediakan kertas kosong, pertama yang anda harus lakukan adalah menulis ide pokok dari artikel yang telah anda baca. Buatlah lingkaran besar disekeliling ide tersebut. Disamping lingkaran tesebut lalu buatlah sebuah lingkaran yang berukuran lebih kecil, kemudian tarik garis lurus dari lingkaran kecil menuju ke lingkaran yang besar dan cobalah anda menulis pikiran utama dari paragraf pertama dalam lingkaran ini. Jika hal ini cukupu membantu, lakukan hal tersebut dengan lingkaran lainnya.Tarik garis lain dari lingkaran tersebut dan buatlah lingkaran kecil lainya. Dalam lingkaran tersebut, tulislah informasi detail yang akan menjelaskan pokok pikiran utama dari paragraf pertama.
-Lakukan hal yang sama ada paragraf-paragraf berikutnya.
-Hasil akhir dari teknik ini akan membentuk lingkaran-lingkaran kecil berisi pikiran utama dari artikel tersebut yang dikelilingi lingkaran-lingkaran besar yang berisi ide pokok dari artikel.
Ide pokok terletak di tengah-tengah halaman. ini beberapa cara belajar efektif dengan menghafal
Tips belajar selanjutnya anda dapat membaca artikel lainya di

Baca Artikel Lainya

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive