Saturday, November 2, 2013

Belajar Efektif Dengan Mengelola Waktu

###

Tips belajar dengan memanfaatkan waktu anda. Bagi anda baik yang di tingkat sekolah maupun pendidikan tinggi harus mengerti dan paham bagaimana cara mengatur waktu anda secara efektif dan dapat menyeimbangkan kegiatan belajar dengan kehidupan pribadi anda. Belajar memang penting untuk melatih otak kita, namun anda juga perlu beristirahat untuk menyegarkan pikiran anda dan merasa lebih santai. Kegiatan menyusun jadwal belajar yang terstruktur dan menunjukan bagaimana komitmennya kita terhadap jadwal tersebut sangatlah penting. Rasa malas yang terjadi akan banyaknya godaan untuk melakukan kegiatan lain adalah problem dari hambatan yang akan terjadi dalam belajarmu. Berikut ini akan di berikan bebeapa ide saran untuk membuat jadwal belajar efektif anda, dimulai dari jadwal bulanan anda, mingguan, sampai harian anda.
Mudah-mudahan semua ini dapat membantu anda dalam mengelola waktu secara efektif.

Tips belajar pertama adalah bagaimana membuat jadwal bulanan, biasanya dipersiapkan setiap awal bulan dan ini akan membantu anda dalam merencanakan seluruh kegiatan pada bulan itu. Dengan jadwal ini, anda dapat dengan mudah melihat apa saja kegiatan anda dan berbagai hal apa saja yang harus anda siapkan jauh-jauh hari seperti ujian dan tugas sekolah. Jadwal bulanan ini harus mencakup kegiatan intra dan extra kulikuler anda. Didalamnya sudah termasuk jadwal ujian, tugas-tugas sekolah, tenggat waktu pengumpulan tugas anda dan berbagai kegiatan extrakurikuler selepas jam sekolah. Rincian jadwal bulanan anda harus mudah dibaca dan anda pun harus dapat memahaminya. Anda dapat menandai aktifitas favorit anda serta beberapa hal penting lainya, atau dapat juga memberikan warna-warna tersendiri untuk semua tugas di setiap mata pelajaran anda. Contohnya, anda dapat mencobanya dengan menulis semua waktu ujian Bahasa Inggris dengan warna biru dan ujian Matematika dengan warna merah.  Sementara untuk kegiatan jadwal sepak bola anda, anda dapat menandainya dengan melingkarinya atau memberikan warna lain sebagai akifitas favoritmu.

Belajar efektif dengan membuat jadwal mingguan juga secara umum dapat dijabarkan secara garis besar sebagai kegiatan anda sehari-hari beserta batas waktunya serta kegiatan lain yang sudah anda cantumkan dalam kalender bulanan anda. Jadwal ini akan membantu anda memerinci jadwal bulanan anda yang telah anda buat sebelumnya sehingga terlihat jelas seluruh k omitmen anda selama satu minggu ini.Anda juga diharapkan untuk memberikan tanda setiap anda selesai mengerjakan suatu hal atau tugas-tugas yang belum selesai untuk diselesaikan pada minggu selanjutnya.

Dan yang ketiga adalah menyusun jadwal harian anda, tips belajar selanjutnya. Jadwal harian anda adalah mencakup seluruh aktifitas dalam satu hari termasuk kegiatan anda disekolah dan waktu istirahat anda. Walaupun hal-hal tersebut dapat berubah, jadwal harian ini akan membantu anda untuk melihat apa yang harus dikerjakan setiap harinya.
Setelah menyusun jadwal ini, cobalah anda melakukan semua jadwal yang sudah anda buat tersebut sesuai rencana.
Dalam menyusun jadwal harian, anda juga dapat membuat kolom yang diisi dengan hal-hal yang perlu disiapkan atau dilakukan di setiap kegiatan anda. Jika anda hari ini melakukan kegiatan olahraga, dalam kolom tersebut anda dapat mencantumkan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut seperti sepatu atau seragam.
ini adalah contoh tips belajar bagi anda yang ingin belajar efektif

Baca Artikel Lainya

0 komentar:

Post a Comment

Saling berteman

Posting Terbaru

Popular Posts

Blog Archive